Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 02 Mar 2021 - 20:31:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Lima Cara Mudah Mempersiapkan Gathering di Rumah Saat Pandemi

tscom_news_photo_1614691897.jpg
Gathering (Sumber foto : Ilustrasi)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Banyak sekali acara gatherings yang dibatalkan di saat pandemi ini. Acara gathering memang disarankan untuk dihindari, karena dapat menimbulkan kerumunan. Dan kerumunan ini dapat menjadi sumber penyebaran virus Covid-19 tanpa dapat kita sadari.

Namun, sebagai makhluk sosial, kadang kita pun perlu mengadakan acara gathering di rumah. Misalnya acara gathering sederhana dengan keluarga dekat karena merayakan ulang tahun, merayakan pertunangan,
hinggapernikahan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mempersiapkan gathering dirumah saat pandemi. Inilah 5 diantaranya.

1. Memasang air purifier di dalam rumah

Meskipun gathering kecil-kecilan dan hanya mengundang beberapa kerabat dekat, namun tentunya kerabat kita berasal dari berbagai daerah yang berbeda kondisinya. Setiap tamu atau saudara tetap memiliki potensi untuk membawa polutan yang tidak kita ketahui. Agar udara rumah lebih bersih dan sehat selama gathering, gunakan air purifier di rumah Anda.

Air purifier akan mampu menyaring berbagai polutan dari udara. Air purifier juga dapat menyaring kuman danbakteri sehingga udara di rumah Anda tetap bersih dan sehat, meskipun sedang banyak tamu. Sehingga rumah Anda akan aman dari penyebaran virus Covid-19.

2. Siapkan perizinan dengan pemerintah setempat

Sekecil apapun kerumunan yang dapat Anda timbulkan dari acara gathering di rumah, pastikan untuk melakukan perizinan terlebih dahulu agar tidak menimbulkan masalah. Jika gathering di rumah Anda akan mengundang kurang dari 200 orang, maka perizinan dapat dilakukan melalui RT/RW, hingga kantor Kelurahan setempat.

Namun jika jumlah tamu dapat mencapai 300 orang, maka perizinan harus dilakukan hingga tingkat Kecamatan. Jika gathering yang Anda rencanakan cukup besar dan tamu yang diundang lebih dari 300 orang, maka perizinan dapat dilakukan hingga ke kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota setempat.

Untuk lebih jelasnya, pastikan untuk izin kepada RT/RW setempat 1-2 minggu sebelum acara untuk mendapatkaninformasi mengenai peraturan yang berlaku untuk mengadakan gathering.

3. Mendukung penerapan protokol kesehatan

Pastikan rumah Anda dan acara gathering mendukung upaya penerapan protokol kesehatan. Misalnya dengan menyediakan tempat cuci tangan di depan rumah agar tamu dapat mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki rumah, mengukur suhu badan tamu sebelum masuk, mewajibkan tamu untuk memakai masker, menyediakan hand sanitizer di beberapa titik di rumah, dan mengkondisikan rumah agar tamu dapat menjaga jarak.

Meskipun acara gathering ini penting, namun kesehatan tamu dan juga Anda sebagai tuan rumah harus tetap diutamakan.

4. Mengatur katering dan penyajian makanan

Menyiapkan dan menyajikan katering saat gathering di masa pandemi juga perlu mendapat perhatian khusus. Dalam kondisi normal, biasanya penyajian katering di acara gathering akan melibatkan pemakaian alat pengambil makanan bersama-sama.

Misalnya sendok nasi, sendok lauk, hingga tutup toples kerupuk. Di saat pandemi tentu hal ini perlu dihindari untuk meminimalisir terjadinya kontak tidak langsung yang dapat menjadi penyebab penyebaran virus.

Anda dapat memesan katering dalam bentuk satu porsi lengkap untuk setiap tamu, sehingga tamu tidak perlu mengambil makanan secara prasmanan. Atau jika Anda ingin sistem prasmanan, pastikan untuk ada satu orang yang mengambilkan masing-masing menu makanan, jadi tamu tidak perlu memegang sendok lauk atau sendok nasi.

Siapkan peralatan makan seperti sendok dan garpu secara terpisah dan tidak dicampur. Misalnya dengan memasukkan sepasang sendok dan garpu ke dalam plastik.

5. Memfasilitasi tamu online

Mungkin ada salah satu kerabat yang berhalangan datang karena karantina atau sebab lainnya.

Ada juga yang ingin datang dan mengikuti acara gathering, tetapi masih ragu-ragu karena tidak ingin berada di kerumunan di masa pandemi ini. Siapkan untuk memfasilitasi tamu yang ingin mengikuti acara gathering secara online. Caranya, Anda dapat membuat video streaming atau video live saat acara gathering berlangsung melalui sosial media, sehingga kerabat atau teman-teman yang tidak dapat hadir dapat melihat acara gathering secara langsung dan berinteraksi secara online.

Keamanan dan kesehatan adalah kunci utama dalam mempersiapkan berbagai hal untuk acara gathering di masa pandemi ini. Anda perlu menugaskan beberapa panitia untuk memastikan para tamu gathering mengikuti rangkaian acara dan protokol kesehatan yang telah disiapkan.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...