Oleh Ariful Hakim pada hari Kamis, 04 Mar 2021 - 18:07:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Jokowi Gaungkan Benci Produk Luar Negeri, Ini Alasannya

tscom_news_photo_1614856051.jpg
Presiden Jokowi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-- Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk membenci produk-produk luar negeri. Hal itu disuarakan saat membuka rapat kerja nasional Kementerian Perdagangan tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (4/3/21).

"Ajakan-ajakan untuk cinta produk-produk kita sendiri, produk-produk Indonesia, harus terus digaungkan, produk- produk dalam negeri. Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri," kata Jokowi.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi pun mengungkap, statemen Jokowi itu berasal dari laporan dirinya kepada Presiden terkait praktik kecurangan perdagangan."Perlu saya luruskan di sini bahwa sebenarnya ada background yang menyertai pernyataan Bapak Presiden yaitu laporan saya kepada beliau bahwa ada praktik yang tidak sesuai dengan peraturan perdagangan," kata Lutfi dalam konferensi pers rapat kerja Kemendag, Kamis (4/3/21).

Dia menjelaskan, praktik tersebut berasal dari e-commerce mendunia yang melakukan predatory pricing atau harga yang membunuh kompetisi sehingga tidak terjadi keadilan.

"Sehingga tidak menciptakan perdagangan yang membawa manfaat baik buat pembeli dan penjual," ujarnya.

"Saya ingin luruskan bahwa saya memohon beliau (Presiden) untuk membuka rapat kerja perdagangan. Jadi beliau membenci produk tersebut karena banyak UMKM yang kehilangan prospeknya," ujarnya.

Presiden juga menyatakan bahwa Indonesia tidak boleh menjadi negara yang proteksionis. Sebab, hal ini akan berdampak pada perekonomian nasional. Salah satu bukti Indonesia bukan negara proteksionisme di bawah Pemerintahan Jokowi adalah banyaknya perjanjian dagang antar negara. Saat ini Indonesia memiliki 25 perjanjian dagang.

"Indonesia tidak punya sejarah yang proteksionisme. Artinya kita bukan negara proteksionis, karena kita sadar proteksionisme tidak menambah kesejahteraan bagi Indonesia," tandasnya.

tag: #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...