Oleh Bachtiar pada hari Selasa, 09 Mar 2021 - 17:23:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengamat Ini Sarankan Jokowi Evaluasi Orang-orang di Ring Satunya

tscom_news_photo_1615285411.jpeg
M Jamiluddin Ritonga Pengamat Politik (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M Jamiluddin Ritonga menyarankan, agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera melakukan evaluasi keberadaan orang-orang di lingkaran ring satunya.

Hal ini, kata dia, perlu dilakukan guna meminimalisir blunder yang kerap menimpa orang nomor satu di Indonesia ini. Setidaknya blunder dilakukan oleh Jokowi dalam kasus Perpres Miras dan pernyataannya benci produk asing.

"Hal itu seharusnya tidak boleh terjadi bila ring satu Presiden sangat selektif terhadap semua hal yang keluar dari istana. Mereka seharusnya dapat mempertimbangkan secara komprehensif dan integratif setiap kebijakan yang akan diambil Presiden Jokowi," kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa, (9/3/2021).

Bahkan idealnya, lanjut dia, pertimbangan komprehensif juga harus didukung kajian intelijen dan analisis situasi nasional dan global.

"Hal yang sama juga berlaku pada pidato dan pernyataan presiden yang ditujukan untuk konsumsi publik. Semuanya harus disaring sehingga yang keluar dari presiden sangat terukur dan dampaknya sudah dapat diperhitungkan sebelumnya," tegas dia.

Dengan demikian, tegas dia, kalau Presiden melakukan blunder dalam kebijakan dan pernyataan, maka dapat diduga orang-orang di ring satu presiden bekerja tidak maksimal.

"Atau tidak menutup kemungkinan mereka memiliki agenda masing-masing," papar dia.

Dalam komunikasi politik, ia menilai, blunder seperti itu tentu dapat menimbulkan ketidakpastian di masyarakat.

"Dalam setiap ketidakpastian akan memunculkan kebingungan," tandasnya.

tag: #politik  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement