Oleh Bachtiar pada hari Senin, 22 Mar 2021 - 09:26:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Laporan Masyarakat Jadi Kunci Keberhasilan KPK Bekuk Para Koruptor

tscom_news_photo_1616379995.jpg
Gedung Merah Putih KPK (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Plt Jubir KPK, Ipi Maryati mengatakan, kunci keberhasilan lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam membekuk para koruptor salah satunya karena peran serta dan kepedulian masyarakat dalam melaporkan kasus korupsi.

Menurutnya, hampir semua kesuksesan KPK menangkap koruptor bermula dari laporan masyarakat.

"KPK cekatan menindaklanjuti pengaduan yang masuk, bila bukti awal tindak pidana korupsi sudah cukup kuat," kata Plt Jubir KPK, Ipi Maryati dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Ipi menjelaskan, dari data KPK tercatat sejak 2004 hingga 2020 terdapat 364.052 aduan masyarakat yang diterima KPK.

Sedangkan jumlah perkara yang telah ditangani KPK berjumlah 1.122 perkara dengan berbagai modus tindak pidana korupsi.

"Laporan Pengaduan tindak pidana korupsi yang lengkap dan valid, akan memudahkan KPK dalam memproses penanganan perkaranya. Bagaimana kriteria laporan yang lengkap dan valid, simak selengkapnya melalui halaman https://www.kpk.go.id/id/layanan-publik/pengaduan-masyarakat/mengenal-pengaduan-masyarakat," tutur Ipi.

Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK Kumbul Kusdwijanto Sudjadi mengatakan, pemberantasan korupsi tidak dapat dilakukan secara sendiri.

Ada peran vital masyarakat dalam berbagai upaya pencegahan maupun pengungkapan kasus oleh KPK. Salah satunya dalam melaporkan dugaan korupsi yang diketahuinya kepada KPK.

“Selama ini, masyarakat merupakan elemen penting dalam upaya pemberantasan korupsi. Baik pada konteks pencegahan, pendidikan, maupun penindakan. Salah satunya melalui pengaduan tindak pidana korupsi yang mereka laporkan ke KPK. Saya harap, ke depannya masyarakat tetap terus aktif berpartisipasi," papar dia.

Kumbul mengatakan, KPK terus menggalang kerja sama dan pembinaan jaringan, baik kepada entitas kementerian lembaga, organisasi, maupun individu masyarakat.

Salah satunya yaitu para Penyuluh Antikorupsi dan Ahli Pembangun Integritas yang merupakan agen-agen perubahan yang telah dilakukan assesmen dan pelatihan untuk turut serta bersama KPK memberantas korupsi melalui kegiatan penyuluhan antikorupsi.

Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) KPK Dian Novianthi mengatakan, Penyuluh Antikorupsi dan Ahli Pembangun Integritas adalah kepanjangan tangan, mata, dan telinga KPK.

Oleh karena itu KPK berharap pada pundak-pundak yang tersebar di seluruh penjuru negeri ini sebagai penyambung edukasi nilai-nilai antikorupsi sekaligus sebagai bagian upaya pemberantasan korupsi melalui peran vital dalam bentuk “pengaduan masyarakat”.

“Saya berharap besar kepada teman-teman Penyuluh Antikorupsi dan Ahli Pembangun Integritas sebagai bagian dari elemen masyarakat untuk memberikan akses informasi adanya dugaan korupsi yang terjadi di sekitarnya. Informasi yang valid disertai bukti pendukung yang kuat akan sangat membantu KPK dalam menuntaskan sebuah perkara korupsi,” pungkasnya.

tag: #kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement