Oleh Yoga pada hari Senin, 22 Mar 2021 - 20:01:04 WIB
Bagikan Berita ini :

Demokrat Setujui Ratifikasi IE – CEPA, Ibas: Ada Lima Alasan Saya Menyetujui Ratifikasi

tscom_news_photo_1616414640.jpg
Edhie Baskoro Yudhoyono (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Indonesia dalam proses meratifikasi Perjanjian Kerja Sama Ekonomi Komperhensif Indonesia dan EFTA (IE-CEPA).

Dalam hal ini, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) menyetujui dengan adanya ratifikasi tentang Comprehensive Economic Partnership Agreement Between The Republic Of Indonesia And The EFTA States atau IE – CEPA.

Ibas menyebutkan ada lima catatan yang menjadi landasan mengapa dirinya menyetujui Ratifikasi IE – CEPA.

“Catatan pertama yakni Fraksi Partai Demokrat (FPD) meminta Pemerintah untuk membuka akses pasar yang baru dan lebih luas melalui ratifikasi IE – CEPA,” ungkap Ibas dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/3/2021).

Kemudian catatan kedua Ibas menyebutkan Fraksi Partai Demokrat ikut mendorong Pemerintah agar Perjanjian IE – CEPA dapat memberikan ruang untuk fasilitas perdagangan dan investasi agar menjadi stimulus iklim penanaman modal di Indonesia. Yang ketiga DPD meminta Pemerintah untuk terus meningkatkan kerjasama dalam bidang peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Sebelum Indonesia meratifikasi, Norwegia, Islandia, dan Swiss telah meratifikasi perjanjian dagang tersebut. Meski begitu masih terdapat sejumlah tahapan agar perjanjian dagang bisa diimplementasikan.

“Keempat FDP mendorong Pemerintah untuk tetap melakukan upaya proteksi atas komoditas unggulan hasil produksi dan perdagangan dalam negeri agar tidak dirugikan akibat penerapan kebijakan atau regulasi negara lain.

Dalam catatannya terakhir, Ibas meminta agar mampu bekerjasama dalam perdagangan jasa.

“FPD mendorong kepada Pemerintah bahwa ratifikasi IE – CEPA juga harus mampu meningkatkan Kerjasama pedagangan jasa, khususnya kerjasama di bidang pariwisata dengan mengusung konsep sustainable tourism,” tandasnya.

tag: #ibas  #fraksi-demokrat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...