Oleh Bachtiar pada hari Sabtu, 27 Mar 2021 - 13:05:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Kinerja Bulog, Lagi-lagi FGerindra dan FGolkar Beda Pandangan, Kenapa?

tscom_news_photo_1616825103.jpg
Bendera lambang partai Golkar dan Gerindra (ilustrasi) (Sumber foto : Istimewa)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kinerja Badan Urusan Logistik (Bulog) dibawah kepemimpinan Budi Waseso banyak dipertanyakan sejumlah pihak. Utamanya terkait serapan gabah hasil panen para petani.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi IV DPR RI fraksi Partai Gerindra Endang S. Thohari mengaku wajar dengan kinerja Bulog tersebut. Pasalnya, kata dia, Bulog selama ini memang terkendala biaya operasional.

"Biaya operasional Bulog pinjam dari bank, dengan suku bunga komersial," tegas Politikus Gerindra itu, Jumat (26/3/2021).

Endang memandang, kinerja Bulog akan semakin bagus jika memang didukung dengan dana operasional yang memadai.

"Bagus" bila didukung dengan dana operasional yang memadai," tegas Endang.

Endang menekankan, negara harus mampu menjamin ketersedian dan kecukupan pangan. Negara juga harus menciptakan keterjangkauan harga dan pemenuhan konsumsi serta keamanan mutu dan gizi pangan.

Hal ini seusai dengan amanat pasal 33 ayat Undang-Undang Dasar 1945 bahwa Bumi air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya harus dipergunakan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

"Peran Bulog seharusnya jadi Badan Penyangga dan Pengelola Pangan di bawah Presiden langsung dan berperan sebagai BUMN yang melindungi petani kita," tandas Endang.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi IV Dedi Mulyadi kembali menyoroti masalah kinerja perusahaan BUMN Bulog. Dia menilai Bulog gagal dalam melakukan tiga hal.

Pertama, kata Dedi, Bulog tak memiliki kemampuan menyerap gabah petani, sehingga para petani menjual hasil padinya ke tengkulak. Namun, seringkali tengkulak tidak semuanya memiliki modal yang cukup.

Kedua, yang gagal dilakukan Bulog adalah tidak maksimalnya menyerap gabah petani. Menurut Dedi, daya serap Bulog itu rendah, karena seirng kali membeli beras di bawah tengkulak.

Misalnya, tengkulak membeli gabah dari petani Rp 4.200 per kilogram, sedangkan Bulog hanya Rp 3.800 per kilogram. Hal itu karena memang Bulog memiliki kehati-hatian dalam membeli gabah.

Ketiga, Bulog tak memiliki gudang dengan teknologi memadai dalam penyimpanan beras. Akibatnya, beras yang disimpan di gudang tidak bisa bertahan lama sehingga mudah busuk.

tag: #bulog  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...