Oleh Rihad pada hari Senin, 12 Apr 2021 - 19:25:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Menag: Awal Puasa Ramadan Jatuh Pada Selasa 13 April 2021

tscom_news_photo_1618230344.jpeg
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa 13 April 2021. Keputusan tersebut berdasarkan hasil sidang isbat penentuan awal puasa di Kementerian Agama, Jakarta.

"Tanpa ada perbedaan dan bersepakat bahwa 1 Ramadan jatuh pada tanggal 13 April 2021 atau bertepatan dengan Hari Selasa besok pagi. Malam ini bisa Sahur, subuh makan sahur," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kementerian Agama, Senin (12/4/2021).

Sebelumnya, direktur Urusan Agama Islam Agus Salim mengatakan, sidang isbat yang digelar secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag.

"Tahap kedua, sidang isbat awal Ramadan yang akan digelar setelah Salat Magrib. Tahap ini digelar secara tertutup," kata Agus dalam keterangan tertulisnya, Senin.

Kemudian di tahap ketiga, jumpa pers hasil sidang isbat oleh Menteri Agama yang akan disiarkan TVRI, RRI, dan Medsos Kemenag. Dia menambahkan, jumpa pers ini akan disiarkan daring dengan alasan mencegah kerumunan dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Sidang dihadiri sejumlah pihak di antaranya Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG) hingga Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sejumlah ormas Islam juga hadir seperti NU, Muhammadiyah, Persis dan Al Washliyah. Sejumlah duta besar negara sahabat juga diundang.

tag: #puasa  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
TStrending
#1
Berita

Banjir Bandang Landa Parapat, DPR : Desak Menteri LHK Tumpas Illegal Loging dan Evaluasi Ijin Pinjam Hutan

Oleh
pada hari Jumat, 14 Mei 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pasca banjir bandang yang melanda kota wisata Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut). Anggota DPR RI daerah ...
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: I Nyoman Parta
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Adies Kadir
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ali Wongso Sinaga
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Lainnya
Berita

Ahmad Basarah Dorong Parlemen Dunia Bahas Krisis Palestina-Israel

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 14 Mei 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah merasa prihatin atas ketegangan Palestina-Israel yang berlarut-larut selama sepekan ini hingga menewaskan 83 warga sipil Palestina termasuk ...
Berita

Banjir Bandang Simalungun Akan Diatasi dengan Bangun Gorong-gorong

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Banjir dan longsor menerjang daerah wisata Parapat dan Desa Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumut, Kamis (13/5/2021) sore. Akibat banjir ...