Oleh Rihad pada hari Selasa, 13 Apr 2021 - 12:01:34 WIB
Bagikan Berita ini :

Vaksinasi di Jakarta Berdampak Positif, Nakes Tertular Menurun Drastis

tscom_news_photo_1618290094.jpeg
Ilustrasi vaksinasi nakes (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Keberhasilan vaksinasi di Jakarta mulai menunjukkan dampak positif. Ahli wabah UI Pandu Riono menyebut angka nakes di Jakarta tertular COVID-19 terus menurun.

"Dinkes Jakarta mengindikasikan tren nakes yang terinfeksi COVID-19 menurun, setelah vaksinasi diberikan pada nakes," kata Pandu di akun Twitternya.

Dari data yang disampaikan Pandu, grafik penurunan memang terlihat jelas. Pada periode awal April 2021 angka kesakitan nakes hampir sama seperti periode awal Mei 2020.

"Tren kematian juga menurun. Bukti bahwa vaksinasi bermanfaat pada nakes yang sangat berisiko tinggi. Kejar cakupan vaksinasi lansia," ujar Pandu.

Capaian vaksinasi Covid-19 untuk lansia DKI Jakarta mencapai 496.450 orang. Artinya capaian ini menjadi yang terbanyak dibanding daerah lain di Indonesia. Bahkan untuk wilayah Jakarta Pusat, vaksinasi untuk lansia telah menjangkau 95,31% dan Kepulauan Seribu mencapai 62,73%.

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman yang juga Plt. Asisten Kesra Suharti Sutar mengatakan, capaian ini berkat pihaknya menyiapkan berbagai langkah. Salah satunya, sentra vaksinasi di tingkat Kecamatan dan Kelurahan, di luar Puskesmas dan Rumah Sakit. Menurutnya, sentra vaksinasi ini lebih diminati lansia karena lebih dekat dengan rumah dan bisa bersama teman-teman dari lingkungan masing-masing.

"Tentunya juga ditambah sentra vaksinasi besar yg dibantu oleh Kemkes dengan SDM gabungan dari pemerintah pusat dan daerah," ujar Suharti.

Vaksinasi corona di Indonesia masih terus berlangsung. Sejauh ini, sudah lebih dari 10 juta orang mendapat suntikan pertama, 5 juta orang lainnya menerima 2 dosis.

Angka ini harus terus digenjot demi mengejar target 40 juta orang divaksin hingga Juni. Yakni vaksinasi untuk tenaga kesehatan, lansia, dan petugas publik.

Dikutip dari situs Kemenkes, Selasa (13/4), vaksinasi ke nakes yang memang dimulai sejak 13 Januari hampir beres. Dari target 1,46 juta, lebih dari 99 persen menerima suntikan pertama, 89 persen di antaranya bahkan sudah disuntik 2 kali.

tag: #vaksin  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
TStrending
#1
Berita

Rumah Warga yang Balik ke Jakarta Akan Diberi Tanda

Oleh
pada hari Sunday, 16 Mei 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Polda Metro Jaya bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kodam Jaya memberikan tanda terhadap rumah warga balik ke Jakarta guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 usai ...
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: I Nyoman Parta
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Adies Kadir
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ali Wongso Sinaga
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Lainnya
Jakarta

Anies Minta Vaksin AstraZeneca Jangan Dipakai untuk Anak Muda

Oleh Rihad
pada hari Tuesday, 11 Mei 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan minta adanya evaluasi penggunaan AstraZeneca. Hal ini terkait kasus pria berusia 22 tahun asal Buaran, Jakarta, Trio Fauqi Virdaus yang ...
Jakarta

Anies Minta Takbiran dan Halal Bihalal Dilakukan Secara Virtual

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerukan agar kegiatan pelaksanaan malam takbiran dalam menyambut Idul Fitri 1442 Hijriah dilakukan secara virtual dari ...