Oleh Bachtiar pada hari Rabu, 14 Apr 2021 - 13:39:58 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Perombakan Kabinet Jokowi, Ini Pandangan Pengamat LIPI

tscom_news_photo_1618382398.jpeg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Isu perombakan kabinet kembali mencuat di bulan Ramadhan ini. Dikabarkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan reshuffle kabinet pada pekan ini.

Peneliti dari Pusat Penelitian Politik LIPI Wasisto Raharjo Jati menilai, perombakan kabinet saat ini hanya bertujuan untuk mengakomodir pembentukan kementerian investasi dan peleburan Kemendikbud dan Kemenristek semata.

"Rehabilitasi ekonomi dengan adanya Kementerian Investasi dan juga tujuan terselenggaranya kegiatan riset murni yang terlepas dari urusan birokrasi lewat adanya Badan Riset Inovasi Nasional," kata Wasisto, Rabu (14/4/2021).

Wasisto menambahkan, di tengah kondisi dan situasi pandemi covid- 19 saat ini belum memungkinkan adanya evaluasi secara komprehensif.

Hal itu, kata Wasisto, lantaran semua anggaran di setiap lembaga kini tengah dipotong dalam rangka pemulihan pandemi.

"Jadi fokusnya ke pemotongan anggaran dulu," tegas Wasisto.

Wasisto secara khusus menekankan, agar figur yang cocok dan tepat guna mengisi pos di Kemendikbud dan Kemenristek, ialah sosok yang pernah setidaknya pernah menjadi pejabat di kampus atau seorang manajer riset dan kepala pusat studi tertentu.

"Yang mengerti bagaimana mengkomunikasikan, menyinergiskan hasil riset dan pendidikan kepada publik atau lebih tepatnya Akademisi," tandasnya.

tag: #reshuffle-kabinet  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
56 Tahun Telkom Indonesia
advertisement
Dompet Dhuafa x Teropong Senayan : Qurban
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Lainnya
Berita

Koalisi Masyarakat Sipil Sesalkan Upaya Hukum Moeldoko ke ICW

Oleh La Aswan
pada hari Jumat, 30 Jul 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Langkah Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko melalui kuasa hukumnya Otto Hasibuan, yang melayangkan somasi ke Indonesian Corruption Watch (ICW) disesalkan berbagai ...
Berita

Pimpinan DPR: Fasilitas Hotel Untuk Isoman DPR Belum Diperlukan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani meminta Sekretariat Jenderal DPR mengevaluasi kembali rencana penyediaan hotel untuk fasilitas isolasi pasien Covid-19 dari ...