Oleh Bachtiar pada hari Rabu, 14 Apr 2021 - 13:39:58 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Perombakan Kabinet Jokowi, Ini Pandangan Pengamat LIPI

tscom_news_photo_1618382398.jpeg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Isu perombakan kabinet kembali mencuat di bulan Ramadhan ini. Dikabarkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan reshuffle kabinet pada pekan ini.

Peneliti dari Pusat Penelitian Politik LIPI Wasisto Raharjo Jati menilai, perombakan kabinet saat ini hanya bertujuan untuk mengakomodir pembentukan kementerian investasi dan peleburan Kemendikbud dan Kemenristek semata.

"Rehabilitasi ekonomi dengan adanya Kementerian Investasi dan juga tujuan terselenggaranya kegiatan riset murni yang terlepas dari urusan birokrasi lewat adanya Badan Riset Inovasi Nasional," kata Wasisto, Rabu (14/4/2021).

Wasisto menambahkan, di tengah kondisi dan situasi pandemi covid- 19 saat ini belum memungkinkan adanya evaluasi secara komprehensif.

Hal itu, kata Wasisto, lantaran semua anggaran di setiap lembaga kini tengah dipotong dalam rangka pemulihan pandemi.

"Jadi fokusnya ke pemotongan anggaran dulu," tegas Wasisto.

Wasisto secara khusus menekankan, agar figur yang cocok dan tepat guna mengisi pos di Kemendikbud dan Kemenristek, ialah sosok yang pernah setidaknya pernah menjadi pejabat di kampus atau seorang manajer riset dan kepala pusat studi tertentu.

"Yang mengerti bagaimana mengkomunikasikan, menyinergiskan hasil riset dan pendidikan kepada publik atau lebih tepatnya Akademisi," tandasnya.

tag: #reshuffle-kabinet  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Sah, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden-Wapres Terpilih 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --KPU RI akhirnya resmi menetapkan, Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih Pilpres 2024. Penetapan tersebut ...
Berita

Hadiri Penetapan Presiden-Wapres Terpilih, Anies Hormati Proses Bernegara

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Paslon Capres-Cawapres 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menghadiri, acara penetapan presiden-wakil presiden pemenang Pilpres 2024. Acara tersebut, diselenggarakan di ...