Oleh Rihad pada hari Rabu, 14 Apr 2021 - 13:55:59 WIB
Bagikan Berita ini :

BI: Kinerja Industri Manufaktur Terus Meningkat

tscom_news_photo_1618383359.jpg
Erwin Haryono (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Bank Indonesia (BI) menyatakan kinerja sektor industri manufaktur atau pengolahan meningkat. Prompt Manufacturing Index Bank Indonesia (PMI-BI) mencapai level 50,01% di kuartal I-2021 meningkat dari 47,29% pada kuartal IV-2020. Secara tahunan posisi PMI-BI Januari-Maret 2021 juga lebih baik dari periode sama tahun lalu yang hanya 45,65%.

"Selain itu, seluruh subsektor diprakirakan akan berada pada fase ekspansi, terutama subsektor kertas dan barang cetakan, subsektor makanan, minuman dan tembakau, serta subsektor pupuk, kimia dan barang dari karet. Responden memprakirakan peningkatan tersebut didorong oleh peningkatan permintaan pada bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri," kata Erwin, Rabu (14/4).

Pencapaian tersebut sejalan dengan peningkatan kegiatan sektor Industri Pengolahan hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU).

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, mengatakan, peningkatan terjadi pada hampir seluruh komponen pembentuk PMI-BI. Terutama volume total pesanan, volume persediaan barang jadi, dan volume produksi yang berada dalam fase ekspansi.

Secara subsektor, mayoritas responden mencatat perbaikan kinerja pada kuartal I-2021, terutama subsektor makanan, minuman dan tembakau, subsektor pupuk, kimia dan barang dari karet, dan subsektor tekstil, barang kulit dan alas kaki yang sudah berada pada fase ekspansi.

Ke depan, Erwin menyatakan pada kuartal II-2021, kinerja sektor Industri pengolahan diprakirakan meningkat dan berada dalam fase ekspansi. PMI-BI pada kuartal II-2021 diprakirakan sebesar 55,25%, meningkat dari kuartal sebelumnya.

Peningkatan PMI-BI didorong oleh seluruh komponen pembentuknya, terutama volume produksi, volume total pesanan, dan volume persediaan barang jadi yang berada pada fase ekspansi.

tag: #bank-indonesia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: I Nyoman Parta
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Adies Kadir
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ali Wongso Sinaga
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Lainnya
Bisnis

Kerajinan Kayu Karya Bu Ayu Tembus AS dan Eropa

Oleh Rihad
pada hari Tuesday, 18 Mei 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Perempuan asal Bali bernama Ni Ketut Bakati Anggareni, berhasil merintis usaha kerajinan barang rumah tangga dari kayu. "Bali Bakti Anggara", begitulah nama usaha ...
Bisnis

Vaksinasi Gotong Royong Dimulai Hari Ini Jangkau Ribuan Karyawan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pemerintah bersama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan memulai penyuntikan perdana program Vaksinasi Gotong Royong pada Selasa (18/5/2021).  Di ...