Oleh Ariful Hakim pada hari Jumat, 16 Apr 2021 - 10:49:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Teka Teki Inisial M Anggota Kabinet Jokowi yang Bakal Diganti

tscom_news_photo_1618544997.jpeg
Kabinet Jokowi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)—Anggota kabinet berinisial M dikabarkan bakal diganti oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setidaknya ada empat anggota kabinet Jokowi yang berinisial M yaitu Menko PMK Muhadjir Effendi, Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko.

Dari keempat nama itu, nama Moeldoko menjadi yang paling banyak dibicarakan di tengah isu reshufllekabinet. Hal itu tak lain karena manuver Moeldoko terkait Partai Demokrat.

Doktor politik lulusan University of Queensland, Australia, Ahmad Khoirul Umam, mendorong agar Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko di-reshuffle. Umam tak setuju dengan langkah Moeldoko dalam konflik Partai Demokrat.

"Manuver politik Moeldoko terkait pengambilalihan kepemimpinan Partai Demokrat yang menabrak etika dan logika berdemokrasi itu terbukti telah menyeret nama baik Istana Presiden dan sejumlah pejabat tinggi negara," kata Umam dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (15/4/21).

Sementara itu, tiga anggota lainnya jarang masuk dalam daftar menteri yang layak di-reshuffle. Misalnya dalam survei terbaru yang dirilis Lembaga Indonesia Political Opinion (IPO).

Mahfud Md justru menjadi salah satu menteri yang kinerjanya dinilai memuaskan. Sementara itu, Muhadjir Effendi dan Muhammad Lutfi, meski tak masuk dalam daftar menteri yang kinerjanya memuaskan, juga tak ada dalam daftar menteri yang layak diganti.

Bocoran inisial M sendiri datang dari salah satu anggota koalisi Jokowi-Ma"ruf Amin, yaitu PKB. Elite PKB, Luqman Hakim, menyebut memberikan informasi inisial anggota kabinet yang akan diganti olehPresiden Joko Widodo (Jokowi).

tag: #reshuffle-kabinet  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: I Nyoman Parta
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Adies Kadir
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ali Wongso Sinaga
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement