Oleh windarto pada hari Minggu, 18 Apr 2021 - 17:55:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Progres Pembangunan JIS Mencapai 52,5 Persen

tscom_news_photo_1618743325.jpg
Progress pembagunan Jakarta International Stadium (Sumber foto : dok: Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada minggu ke-84 telah mencapai 52,5 persen.Hal tersebut diutarakan Corporate Manager Communication PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Melisa Sjah.

Ia mengatakan, progres realisasi pembangunan diinput dan dilaporkan setiap minggu. Jika ada pelambatan kita lakukan evaluasi untuk kemudian dilakukan langkah-langkah percepatannya.

"Kami optimistis pembangunan rampung Oktober 2021 mendatang atau paling lambat pada akhir tahun," ujarnya, Minggu (15/4).

Melisa menjelaskan, pekerjaan saat ini fokus pada segmen main truss dan konstruksi stadion. Untuk konstruksi stadion sedang berlangsung pengerjaan bekisting plat, precast tribun, bekisting kolom pierhead, concourse, pekerjaan pengecoran balok miring, assembling rangka baja atap, ramp timur dan mockup facade sisi selatan.

Kemudian, juga sedang dilakukan pekerjaan instalasi fire fighting, pekerjaan instalasi kabel stray dan plumbing, pekerjaan instalasi ducting hvac, dan area lapangan latihan.

"Selain dibangun dengan konsep green building, JIS juga nantinya akan memiliki fungsi multi-purpose venue yang tidak hanya menggelar pertandingan sepak bola saja, melainkan juga kegiatan besar lainnya seperti eksibisi maupun konser musik," tandasnya.

Ia mengatakan, untuk mencapai predikat ini telah melalui serangkaian proses dan sejumlah penilaian dari asesor terhadap indikator-indikator yang telah ditetapkan.

"Sejak awal pembangunan dengan konsepnya ada penilaiannya. Pada tahap pembangunan sekarang ini juga ada penilaiannya lagi. Berdasarkan poin-poin tersebut, capaian poin yang didapatkan sampai pekan lalu lolos verifikasi level tertinggi yaitu platinum. Sudah memenuhi green building secara persyaratan," ujarnya, Jumat (16/4).

Melisa menjelaskan, penilaian didasarkan pada enam parameter greenship yaitu, Appropriate Site Development (ASD), Building Environment Management, Energy Efficiency and Conservation, Indoor Health and Comfort, Material Resources, Cycle and Water Conservation.

"JIS merupakan stadion pertama di Indonesia yang mengusung konsep sustainability atau keberlanjutan. Capaian ini harus terus dijaga secara berkala dan memastikan level sertifikat platinum ini bisa dipertahankan," terangnya.

Ia menambahkan, green building bertujuan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan manusia yang muncul dari proses konstruksi hingga penggunaan atau operasional suatu bangunan tersebut. Untuk itu, diharapkan perencanaan suatu bangunan yang ramah lingkungan ini dapat mengantisipasi hal tersebut.

"Kita harus mempertahankan hingga final asesmen nanti dengan memastikan tahapan-tahapan untuk semua kriteria terealisasi di lapangan mulai dari fisik bangunan sampai operasional menerapkan green building seperti, efisiensi energi, konservasi air, dan material resource," tandasnya.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
TStrending
#1
Berita

Rumah Warga yang Balik ke Jakarta Akan Diberi Tanda

Oleh
pada hari Sunday, 16 Mei 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Polda Metro Jaya bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kodam Jaya memberikan tanda terhadap rumah warga balik ke Jakarta guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 usai ...
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: I Nyoman Parta
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Adies Kadir
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ali Wongso Sinaga
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Lainnya
Jakarta

Anies Minta Vaksin AstraZeneca Jangan Dipakai untuk Anak Muda

Oleh Rihad
pada hari Tuesday, 11 Mei 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan minta adanya evaluasi penggunaan AstraZeneca. Hal ini terkait kasus pria berusia 22 tahun asal Buaran, Jakarta, Trio Fauqi Virdaus yang ...
Jakarta

Anies Minta Takbiran dan Halal Bihalal Dilakukan Secara Virtual

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerukan agar kegiatan pelaksanaan malam takbiran dalam menyambut Idul Fitri 1442 Hijriah dilakukan secara virtual dari ...