Oleh Bachtiar pada hari Rabu, 21 Apr 2021 - 13:11:51 WIB
Bagikan Berita ini :

Soroti Membengkaknya Utang Luar Negeri Indonesia, Legislator Demokrat: Ekonomi Kita Malah Terkontraksi Minus?

tscom_news_photo_1618985511.jpg
Didi Irawadi Syamsuddin Politikus Partai Demokrat (Sumber foto : Istimewa)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin mewanti-wanti agar pemerintah dapat berhati-hati dalam mengelola utang luar negeri.

Hal tersebut disampaikan oleh Didi saat menanggapi soal naiknya utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Februari 2021 sebesar USD422,6 miliar.

Atau tumbuh 4,0% (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya sebesar 2,7% (yoy).

"Kondisi ini menunjukkan pengelolaan utang Indonesia makin kurang baik.
Indikator ini juga menunjukkan kemampuan membayar utang Indonesia makin memburuk. Oleh karenanya pemerintah lebih berhati-hati dalam mengelola utang luar negeri," tandas Didi, Rabu, (21/4/2021).

Didi memprediksi, rasio utang Indonesia kemungkinan akan terus naik beberapa tahun mendatang akibat tekanan pandemi Covid-19.

"Belanja pemerintah terus meningkat seiring dengan penyusutan penerimaan negara, ditambah utang yang makin membengkak," ungkap Didi.

Didi pun menyoroti langkah pemerintah telah mengucurkan dana besar hingga Rp 800 triliun yang didominasi utang luar negeri untuk menanggulangi Covid-19.

"Namun tidak membuahkan hasil yang optimal. Ekonomi Indonesia malah terkontraksi minus dan resesi pertama kali sejak tahun 1999, padahal sudah dikucurkan dana besar," tandas Didi.

tag: #utang-pemerintah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...