Oleh Ariful Hakim pada hari Rabu, 21 Apr 2021 - 13:28:27 WIB
Bagikan Berita ini :

Jozeph Paul Jebolan UKSW, Rektor: Tidak Mewakili Keluarga UKSW

tscom_news_photo_1618986507.jpg
Rektor UKSW (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga buka suara terkait Jozeph Paul Zhang. Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara mengatakan, Jozeph Paul Zhang atau Shindy Paul Soerjomoeljono lulus dari Fakultas Pertanian (sekarang Fakultas Pertanian dan Bisnis) pada tahun 1996. Dia juga sempat melanjutkan pendidikan S2 Magister Manajemen, tetapi tidak selesai.

Neil mengungkapkan,Jozeph Paul Zhang merupakan mahasiswa yang tergolong pandai saat berstudi di UKSW. "Sepatutnya ia kini menjadi seorang pribadi yang lebih matang karena pengalaman-pengalaman hidupnya. Namun, melihat apa yang dilakukannya, kami sulit memahami itu dari perspektif model perilaku warga UKSW," jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (21/4/2021).

Dikatakan Neil, pihaknya menyesalkan pernyataan mengandung muatan penistaan agama dilontarkan oleh Jozeph Paul Zhang sebagai alumni UKSW. "Di satu sisi, sebagai almamaternya, UKSW adalah lembaga yang menjunjung tinggi kebebasan berpikir dan berekspresi. Namun, kami menilai tindakannya menyampaikan pandangan pribadi, apalagi yang bersifat subjektif dan kontroversial di ruang digital publik, tanpa mempertimbangkan secara bijaksana konteks Indonesia sebagai negara majemuk," paparnya.

Menurut Neil, UKSW membentuknya menjadi pribadi yang kritis pada hal-hal yang prinsipil, sekaligus realistis terhadap kondisi lingkungannya. "Ia berada di ruang sosial yang heterogen sehingga harusnya ada tanggung jawab moral dan sosialnya dalam menyampaikan pikiran-pikiran yang membangun, daripada sebaliknya," ungkapnya. Oleh karena itu, lanjutnya, yang dilakukan Shindy Paul adalah sikap pribadi yang tidak mewakili siapa-siapa.

"Bukan saja itu tidak merepresentasi karakter alumni UKSW, itu juga bukan gambaran perilaku kaum Kristen pada umumnya, juga etnis tertentu. Pengemukaan pendapatnya yang tidak membawa damai sejahtera bagi sesamanya, bukan saja merupakan hal yang sia-sia tetapi telah juga mengganggu ketenangan warga Muslim menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini," terangnya.

Dia berharap, Shindy Paul dapat menyampaikan penyesalannya dan dapat memohon maaf atas keteledorannya. "Karena masalah ini telah masuk dalam ranah hukum, UKSW memandang bahwa aparat hukum dapat menangani kasus ini dengan baik sesuai prinsip dan sistem hukum yang berlaku di negeri ini," kata Neil.

Belajar dari kasus Shindy Paul ini, Neil mendorong pemerintah Indonesia dan segenap tokoh masyarakat untuk mengikis persoalan dengan bersama-sama membangun iklim berbangsa yang saling menghargai tanpa kecuali. "Kami berpandangan bahwa fenomena penistaan agama yang mungkin muncul karena sikap-sikap beragama yang dangkal, fundamentalis, dan intoleran masih merupakan masalah yang cukup terbuka di Indonesia, tidak hanya dilakukan oleh Sdr. Shindy Paul. Pola perilaku seperti itu bagaimanapun mencederai rasa kebangsaan kita semua," pungkasnya.

tag: #penistaan-agama  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
TStrending
#1
Berita

Banjir Bandang Landa Parapat, DPR : Desak Menteri LHK Tumpas Illegal Loging dan Evaluasi Ijin Pinjam Hutan

Oleh
pada hari Jumat, 14 Mei 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pasca banjir bandang yang melanda kota wisata Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut). Anggota DPR RI daerah ...
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: I Nyoman Parta
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Adies Kadir
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ali Wongso Sinaga
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Lainnya
Berita

Ahmad Basarah Dorong Parlemen Dunia Bahas Krisis Palestina-Israel

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 14 Mei 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah merasa prihatin atas ketegangan Palestina-Israel yang berlarut-larut selama sepekan ini hingga menewaskan 83 warga sipil Palestina termasuk ...
Berita

Banjir Bandang Simalungun Akan Diatasi dengan Bangun Gorong-gorong

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Banjir dan longsor menerjang daerah wisata Parapat dan Desa Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumut, Kamis (13/5/2021) sore. Akibat banjir ...