Oleh Bachtiar pada hari Minggu, 25 Apr 2021 - 12:57:22 WIB
Bagikan Berita ini :

Awali Safari Ramadhan 1442 H, AHY disambut Hangat di Pendopo Bersejarah Bireuen, Aceh

tscom_news_photo_1619330242.jpg
AHY Ketum Demokrat (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Mengawali rangkaian Safari Ramadhan 1442 H, kedatangan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) disambut hangat Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Bupati Bireuen Muzakkar A. Gani beserta kader Partai Demokrat di Pendopo Bireuen, Kabupaten Bireuen, Aceh, Sabtu (24/4) siang.

“Alhamdulillah saya bersyukur karena hari ini bisa kembali datang ke Serambi Mekah, Aceh. Ini bukan kunjungan pertama bagi saya di Aceh juga di Biuren, tetapi kali ini spesial karena kedatangan ini adalah untuk silaturahmi dalam semangat bulan suci Ramadhan,” ujar AHY.

“Saya diterima dengan sangat baik di tempat yang sangat bersejarah ini. Di sini adalah tempat bersejarah karena pada tahun 1948 pernah dijadikan tempat oleh Presiden Pertama kita Bung Karno untuk melakukan komando dan pengendalian,” lanjut Ketum AHY kepada awak media yang hadir. “Hal itu dilakukan untuk meyakinkan pemerintah yang sah tetap berdiri dan eksis di bawah pimpinan Bung Karno selama 12 hari memimpin. Itu lah kenapa Biereun ini disebut sebagai Kota Juang,” tambahnya.

Pendopo yang didominasi warna putih ini, secara arsitektur memiliki gaya bangunan kolonial. Selama satu hari berkegiatan di Kabupaten Bireuen, AHY akan bermalam di kamar “Ir. Soekarno”. Kamar ini yang juga pernah menjadi tempat singgah Presiden Pertama RI Soekarno saat singgah di pendopo ini.

Saat tiba di Pendopo, Bupati Muzakkar secara simbolis memasangkan kopiah khas Aceh, Meukeutop. Kopiah ini berbentuk bulat, dihiasi motif khas Aceh dengan paduan warna kuning, hijau, dan merah.

Diiringi Shalawat Badar, AHY dipersilakan masuk ke Pendopo Bireuen untuk sejenak bersilaturahmi. Dalam kesempatan itu Ketum AHY juga secara langsung disambut upacara adat Peusijuk (pemberian doa sebagai bagian dari prosesi adat Tepung Tawar) oleh tokoh agama Tengku Muhammad Ishak. Tradisi budaya Aceh ini merupakan simbol diterimanya kedatangan AHY di Kabupaten Bireuen.

Di Kabupaten Bireun ini, selain melakukan ziarah ke makam Tun Sri Lanang dan silaturahmi dengan para ulama Aceh, AHY juga melakukan konsolidasi internal dengan kader Partai Demokrat.

Turut mendampingi AHY pada kegiatan tersebut diantaranya Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Anggota DPR-RI dapil II Fraksi Partai Demokrat Muslim, dan Wasekjen Partai Demokrat Jovan Latuconsina.

Aceh adalah provinsi pertama yang didatangi AHY dalam rangkaian Safari Ramadhan kali ini. AHY tiba di Bandar Udara Malikussaleh dan dijemput langsung Gubernur Aceh yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Aceh Nova Iriansyah dan Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib. Selanjutnya nanti selama beberapa hari ke depan, AHY akan melanjutkan Safari Ramadhan ke Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, NTT, dan NTB.

tag: #ramadhan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...