Oleh Bachtiar pada hari Selasa, 27 Apr 2021 - 19:45:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Kandidat Menteri Investasi, Joman: Siapapun Menterinya yang Penting Serius Lakukan Pemberantasan Korupsi

tscom_news_photo_1619527514.jpg
Immanuel Ebenezer Ketua Joman (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kehadiran Kementerian Investasi diharapkan mampu menarik kucuran modal asing. Tentu dengan diiringi syarat, pemerintah serius melakukan pemberantasan korupsi.

Hal itu diungkapkan Kelompok relawan Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebenezer saat merespon kabar reshuffle kabinet terbatas yang dilakukan oleh Presiden Jokowi.

Sejumlah nama pun mencuat seperti Bahlil Lahadalia yang sebelumnya duduk sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dikabarkan akan ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Investasi.

"Salah satu kasus korupsi besar adalah kasus jiwasraya. Korupsi jiwasraya dan asasbri melibatkan para pejabat elit. Nah mereka harus ditangkap pula," kata Ketua Joman, Immanuel Ebenezer dalam keterangan tertulis, Selasa, (27/4/2021).

Menurut dia, kegagalan pengungkapan kasus korupsi kakap yang melibatkan elit kekuasan dan politik pasti akan berdampak pada masuknya modal asing.

"Ini soal kepercayaan. Mana berani investor taruh uang kalau pejabatnya masih korup," kata aktivis 98 ini.

Noel sapaan akrabnya mengatakan para investor pastinya butuh kepercayaan. Mereka tidak ingin uangnya yang diinvestasikan di Indonesia ghaib begitu saja.

Apalagi kata Noel, Indonesia punya citra tidak baik dalam kemitraan dengan investor asing. Banyak informasi yang mengungkap soal tertipunya para investor.

"Nah korupsi akan jadi menakutkan investor asing. Presiden Jokowi dan Menteri Investasi harus menggaransi plus menjamin bahwa mereka bisa berbisnis yang menguntungkan di Indonesia," kata Noel.

Soal nama Menteri Investasi, Noel menyerahkannya kepada Presiden Jokowi. Hanya saja, tegas Noel, aktivis Front Kota ini berharap nama terpilih adalah profesional yang punya jaringan dan relasi luas.

Selain itu kata Noel, dia berharap ada sejumlah nama menteri yang tidak layak bertahan untuk diganti.

"Jangan jadi beban. Mundur saja lah lebih baik kalau sudah merasa gagal," pungkas Noel.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (28/4) besok akan mengumumkan dua menteri baru. Kedua menteri terpilih bakal menduduki di Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) serta Kementerian Investasi.

Sumber tersebut menambahkan, menteri baru tersebut tetap orang lama di dalam kabinet. Seperti Menteri Investasi dijabat oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Sementera untuk Mendikbud Ristek ditunjuk Nadiem Makarim.

tag: #reshuffle-kabinet  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...