Oleh Bachtiar pada hari Kamis, 29 Apr 2021 - 18:49:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Tanggapi Permenperind no 3 Tahun 2021, FD: Semangat Impor Makin Menjadi Karena Ujungnya Fee

tscom_news_photo_1619696956.jpg
Bambang Purwanto Politikus Demokrat (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Demokrat, Bambang Purwanto menilai, keberadaan Peraturan Menteri Perindustrian nomor 3 Tahun 2021 Tentang
Jaminan Ketersediaan Bahan Baku Industri Gula Dalam Rangka
Pemenuhan Kebutuhan Gula Nasional mengindikasikan bahwa semangat impor lebih menonjol ketimbang semangat kemandirian dan ketahanan pangan.

Menurutnya, hal itu terjadi karena para pemangku kebijakan tidak lagi memikirkan soal kepentingan bangsa dan negara akan tetapi lebih kepada memikirkan sejauh mana keuntungan bisa didapat.

"Semangat impor makin meluas kesemua sektor hal ini disebabkan karena rendahnya semangat Nasionalisme, dimulai dari penyusunan regulasi. Sisi lain semangat impor makin menjadi karena ujungnya terkait fee," sindir Anggota Komisi IV DPR RI itu kepada wartawan, Kamis (29/04/2021).

Oleh karenanya, Bambang pun menekankan agar pengawasan import-export harus lebih ketat.

Kendati demikian, Bambang mengaku tidak begitu terkejut dengan adanya Permenperind tersebut. Sebab, jelas dia, Permenperind itu ada karena merupakan bagian dari amanat UU Ciptaker itu sendiri.

"Regulasi tentang ketahanan pangan itu tertuang di dalam UU Ciptaker dimana telah dibuka secara lebar impor pangan. Jadi UU Ciptaker itu induknya, siapa yang nyetujui?," sindirnya lagi.

"Kalau aturan dibawahnya itu kan sebagai tindak lanjut saja dan eksekutif gak salah karena dasar bekerja mereka adalah regulasi yang dibuat bersama DPR, mukul balikan, Artinya fungsi legislasi tidak dijalankan sebagaimana mestinya atau legislator gak sadar pada saat bahas UU, aneh bin nyata," sambungnya.

tag: #pangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement