Bisnis
Oleh Rihad pada hari Tuesday, 04 Mei 2021 - 06:01:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Erick Thohir Rombak Direksi Pertamina dan PGN

tscom_news_photo_1620079303.jpg
Gedung Pertamina (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Menteri BUMN Erick Thohir rombak jajaran Direksi PT Pertamina (Persero) pada Senin (3/5). Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) hari ini, Dedi Sunardi ditetapkan sebagai Direktur Penunjang Bisnis Pertamina.

Susunan Direksi baru Pertamina tersebut tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-142/MBU/05/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Direksi Perseroan (Persero) PT Pertamina yang ditandatangani pada hari ini.

Pjs Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman menyampaikan bahwa sebagai salah satu kewenangan pemegang saham, RUPS telah menetapkan susunan direksi baru Pertamina.

Dalam Surat Keputusan tersebut, pemegang saham juga memberhentikan dengan hormat M Haryo Yunianto dari jabatan Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero), posisi yang dijabatnya sejak 12 Juni 2020 dan sebelumnya 20 April 2018 sebagai Direktur Manajemen Aset Pertamina.

“Pertamina mengucapkan terima kasih kepada Bapak M. Haryo Yunianto yang telah mendapat penugasan baru sebagai Direktur Utama di Subholding Gas Pertamina, yaitu PGN, ” kata Fajriyah dalam keterangan tertulis.

Profil Dedi Sunardi

Sebelum ditunjuk sebagai Direktur Penunjang Bisnis Pertamina, Dedi Sunardi menjabat sebagai Direktur Utama PT Asuransi Kredit Indonesia.

Pria kelahiran Magetan tahun 1964 ini, menyandang gelar Sarjana Ekonomi Perusahaan dari Universitas Jayabaya Jakarta (1988) dan meraih Magister Management dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 2000. Sebelum ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Asuransi Kredit Indonesia, Dedi berkarier di lingkungan Bank Rakyat Indonesia.

Perubahan di PGN

Sedangkan posisi di PGN, Selain mengganti Direktur Utama PGN pemegang saham juga mengganti Direktur Keuangan PGN. Sebelumnya, Direktur Keuangan dijabat oleh Arie Nobelta Kaban. Pemegang saham lalu menunjuk Fadjar Harianto Widodo yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan Pertamina EP.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN juga diganti. Sebelumnya, jabatan ini dipegang oleh Redy Ferryanto. Lalu, pemegang saham sepakat untuk menunjuk Achmad Muchtasyar. Sebelumnya, Achmad merupakan Direktur Pengembangan Usaha Rekind.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN juga menjadi salah satu jajaran yang dibongkar. Sebelumnya, jabatan ini diampu oleh Syahrial Mukhtar. Pemegang saham memutuskan untuk mengganti Syahrial ke Heru Setiawan. Heru Setiawan sendiri sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama SubHolding Power and New Renewable Energy Pertamina.

tag: #pt-pertamina  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement