Berita
Oleh Yoga pada hari Wednesday, 19 Mei 2021 - 12:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Cuaca Sekitar Wilayah Jakarta Sangat Panas, Ini Penjelasan BMKG

tscom_news_photo_1621390009.jpg
Ilustrasi cuaca BMKG (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sebagian wilayah di Indonesia sudah memasuki musim kemarau sejak bulan April. Berdasarkan pantauan BMKG per 1 Mei 2021, 28 persen wilayah di Indonesia sudah memasuki musim kemarau. Inilah sebabnya banyak masyarakat di Jakarta dan sekitarnya yang mengeluhkan cuaca panas.

Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal membenarkan bahwa suhu di Jakarta dan sekitarnya saat ini berkisar antara 33-35 derajat celcius. Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, suhu maksimum tanggal 16 Mei 2021 BMKG mencatat suhu maksimum yakni antara 33-35,2 derajat celsius. Di mana suhu 35,2 derajat Celsius terjadi di Surabaya.

"Dalam beberapa hari terakhir memang suhu siang hari di beberapa wilayah kisaran 33-35 derajat celsius karena memasuki musim kemarau. Ini masih normal untuk bulan Mei," kata Herizal saat dihubungi merdeka.com, Senin (17/5).

Herizal pun menegaskan bahwa suhu tersebut tergolong normal. Karena kata dia, pada puncak musim kemarau Agustus mendatang, dia memprediksi suhu di sebagian wilayah Indonesia bisa mencapai 37 derajat celsius.

"Wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur saat ini sudah memasuki musim kemarau. Bulan Agustus nanti, beberapa wilayah seperti Semarang, Kupang, dan Surabaya suhunya bisa mencapai 37 derajat celsius," kata Herizal.

Dia mengimbau masyarakat untuk mempersiapkan musim kemarau. Karena kata dia, suhu udara bisa terus meningkat hingga 37 derajat celcius pada puncak bulan kemarau. Dia mengingatkan masyarakat rentan untuk menghindari kegiatan di ruang terbuka yang langsung terpapar sinar matahari.

"Masyarakat bisa menabung air di masa transisi musim hujan dan kemarau. Untuk keluarga umur tertentu, kami imbau agar membatasi kegiatan di tempat terbuka menjelang kemarau dan saat puncak musim kemarau," pesannya.

Meskipun begitu, dia meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak khawatir akan datangnya bulan kemarau. Karena kata dia, musim kemarau tahun ini akan sama dengan musim kemarau tahun-tahun sebelumnya.

"Musim kemarau tahun ini diperkirakan sama dengan rata-rata kemarau selama 30 tahun ini. Kecuali di bulan April dan Mei(kelembabannya) memang lebih basah dari normalnya," ujarnya.

Dia berharap masyarakat tidak mudah terpercaya dengan hoaks, khususnya terkait isu gelombang panas atau heatwave yang melanda Indonesia. Herizal menegaskan bahwa isu itu tidak benar. Karena kata dia, fenomena tersebut biasanya terjadi di wilayah lintang menengah-tinggi seperti wilayah Eropa dan Amerika.

Sedangkan Indonesia berada di sekitar wilayah ekuatorial, sehingga memiliki karakteristik dinamika atmosfer yang berbeda dengan wilayah lintang menengah-tinggi.

Kemudian, dia juga menjelaskan mengapa hanya 28 persen wilayah di Indonesia yang sudah memasuki bulan kemarau. Sedangkan 72 persen wilayah lainnya masih diguyur hujan deras alias masih mengalami musim penghujan. Hal itu dikarenakan Indonesia memiliki 342 zona musim atau zom.

"Sehingga awal dari musim kemarau tidak sama antara satu zom dengan zom lainnya. Namun beberapa zom diprediksi telah masuk musim kemarau pada bulan April," kata Herizal.

Selain karena memasuki musim kemarau, penyebab cuaca di Jakarta dan sekitarnya terasa panas yakni karena tingkat radiasi matahari yang sampai ke bumi cukup tinggi. Hal itu, kata Herizal, disebabkan karena jumlah awan yang sedikit.

"Mengapa cuaca terasa panas karena jumlah awannya sedikit. sehingga menyebabkan radiasi matahari yang sampai ke permukaan bumi lebih besar. Langit cerah, cuaca lebih panas," bebernya.

"Di sebagian wilayah Indonesia bagian barat, masih banyak tumbuh awan-awan konvektif. Pada saat proses tumbuh biasanya udara akan terasa lebih gerah. karena proses pembentukan awan kan melepaskan panas laten di atmosfer," lanjutnya.

tag: #bmkg  #cuaca  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...