Berita
Oleh Yoga pada hari Friday, 21 Mei 2021 - 15:03:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Jamiluddin Ritonga: Menakar Peluang Prabowo Menang pada Pilpres 2024

tscom_news_photo_1621565445.jpg
Jamiluddin Ritonga (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- M. Jamiluddin Ritonga

Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul mengatakan bahwa seluruh DPC Partai Gerindra se - Sumatera Utara mendukung sepenuhnya Prabowo Subianto kembali maju pada Pilpres 2024. Dukungan itu dinyatakan saat halal bihalal di kantor DPD Gerindra Sumatera Utara.

Dukungan di internal Gerindra agar Prabowo nyalon kembali pada 2024 tentu tidak mengejutkan. Sebab, selain Prabowo sebagai Ketua Umum yang dicintai kader Gerindra, ia juga memiliki elektabilitas paling tinggi di partai yang dipimpinnya.

Elektabilitas Prabowo terus dibayang-bayangi Salahudin Uno. Dua sosok ini memang paling potensial dari Gerindra untuk maju pada pilpres 2024.

"Hanya saja Prabowo yang sudah berusia lanjut, tampaknya nilai jualnya sudah menurun bila dibandingkan pada tahun 2014 dan 2019. Indikasi ke arah itu terlihat setelah Prabowo masuk kabinet Jokowi. Banyak pendukungnya yang kecewa berat dan patah arang kepada Prabowo," ungkapnya pada keterangan tertulisnya, Jumat (21/5/2021).

Kecenderungan itu akan makin besar mengingat pemilih pada 2024 banyak dari kalangan anak muda. Dari hasil beberapa survei, mayòrita anak muda lebih memilih Anies Baswedan, bukan Prabowo.

"Karena itu, dukungan eksternal terhadap Prabowo diperkirakan akan menurun pada pilpres 2024. Setidaknya sebagian pendukungnya pada pilpres 2014 dan 2019 akan beralih ke capres lainnya atau golput," tandasnya.

Karena itu, bila Prabowo tetap dipaksakan maju pada pilpres 2024, dihawatirkan akan kembali kalah. Tentu sangat menyakitkan bagi Prabowo kalau hal itu terulang lagi.

Karena itu, Gerindra kiranya dapat mempertimbangkan Salahudin Uno untuk dimajukan pada pilpres 2024. Salahudin Uno juga cukup dipandang di internal partainya.

Di eksternal Gerindra, Salahudin Uno juga punya elektabilitas moncer. Ia juga punya pendukung fanatik, terutama dari emak-emak. Meskipun ada indikasi, sebagian emak-emak juga kecewa dengan masuknya Sandiga Uno ke kabinet Jokowi. Sebagian dari emak-emak ini diperkirakan akan berpaling dari Sandiaga Uno bila maju pada pilpres 2024.

"Meski begitu, kaum muda tampaknya lebih tertarik pada Sandiaga Uno daripada Prabowo. Karena itu, ada peluang dukungan yang lumayan besar dari anak muda kepada Sandiaga Uno," katanya.

"Masalahnya, apakah Prabowo rela tidak mencalonkan pada pilpres 2024 dan menyerahkannya pada Sandiaga Uno?," tanya Jamiluddin Ritonga.

Menurutnya Prabowo tampaknya akan sulit menyerahkan capres kepada Sandiaga Uno. Selain terkesan memang ambisi politik Prabowo, juga kader Gerindra cenderung lebih memilihnya daripada Salahudin Uno.

Prabowo akan makin kekeh mencalonkan diri bila Perjanjian Batutulis II memang benar adanya. Tentu Prabowo akn sulit ingkar atas perjanjian itu. Prabowo dengan sendiri akan berpeluang berpasangan dengan Puan Maharani pada pilpres 2024.

"Kalau pasangan Prabowo-Puan nantinya benar terjadi, maka peluang Sandiaga Uno maju dari Gerindra menjadi tertutup. Sandi kemungkinan akan bersabar untuk mendapat giliran pada pilpres 2029. Itupun kalau Sandiada Uno tetap loyal kepada Gerindra," ungkapnya.

tag: #politik  #prabowo-subianto  #puan-maharani  #sandiagauno  #presiden2024  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...