Berita
Oleh Rihad pada hari Saturday, 22 Mei 2021 - 09:01:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Arab Saudi dan Iran Kompak Kutuk Israel

tscom_news_photo_1621643720.jpeg
Raja Salman (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud atau Raja Salman mengutuk agresi Israel di Yerusalem dan Jalur Gaza dalam komunikasi lewat telepon dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Dikutip dari Reuters, pada Jumat (21/5), Arab Saudi menyambut deklarasi gencatan senjata di Jalur Gaza dan mengapresiasi upaya mediasi Mesir dan internasional. Hal ini disampaikan kantor berita negara (SPA), mengutip pernyataan Kementerian Luar Negeri.

Pernyataan tersebut juga menegaskan kembali upaya Kerajaan Arab Saudi bersama sekutu untuk mencapai resolusi.

Upaya Mesir untuk menengahi gencatan senjata antara Israel dan Palestina mulai berjalan efektif sejak Jumat pagi. Namun sayangnya tidak sampai 24 jam, bentrokan antara warga Palestina dan aparat Israel kembali pecah di kompleks Masjid Al-Aqsa.

Menurut laporan reporter AFP di depan kompleks Al-Aqsa, polisi melepaskan peluru karet dan granat kejut untuk membubarkan demonstran.

Bentrok di Al Aqsa pada dua pekan lalu, tepatnya 7 Mei, juga menjadi pemicu pecahnya pertempuran antara Israel dan Hamas. Sejak 10 Mei, Israel menggempur kekuasaan Hamas di Gaza.

Sikap Iran

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, meminta negara-negara Muslim mendukung Palestina secara militer dan finansial dan membantu membangun kembali Gaza setelah dimborbardir dalam serangan yang dikerahkan Israel selama 11 hari.

Dikutip dari Reuters, Iran mendukung kelompok bersenjata Hamas yang menguasai jalur Gaza, sementara Presiden Mahmoud Abbas menguasai daerah-daerah berpenduduk Palestina di Tepi Barat.

"Negara-negara Muslim harus dengan tulus mendukung rakyat Palestina, secara militer... atau dukungan finansial... atau dalam membangun kembali infrastruktur Gaza," kata Khamenei dalam pernyataannya, Sabtu (22/5).

Dia juga mendesak umat Muslim menuntut pemerintah mereka mendukung Palestina.

tag: #iran  #arab-saudi  #palestina  #israel  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
56 Tahun Telkom Indonesia
advertisement
Dompet Dhuafa x Teropong Senayan : Qurban
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Surtiah, Ibu yang Peluk Jazad Anaknya, Akhirnya Meninggal Karena Covid-19

Oleh Rihad
pada hari Sabtu, 24 Jul 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Surtiah (70 tahun), ibu yang peluk jasad anaknya, akhirnya meninggal dunia pada Sabtu (24/07/2021). Ia sempat menjalani isolasi mandiri, setelah diketahui positif COVID-19. ...
Berita

Perusahaan Didorong Tertib Kepesertaan untuk Pastikan BSU Tepat Sasaran

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Setelah akhir pekan lalu Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) memberikan keterangan persnya terkait penyaluran kembali Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada para pekerja ...