Berita
Oleh Yoga pada hari Thursday, 03 Jun 2021 - 11:59:00 WIB
Bagikan Berita ini :

KPAI Undang KPI Terkait Sinetron Suara Hati Istri Ada Potensi Ekploitasi Anak

tscom_news_photo_1622693436.jpg
KPAI undang KPI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kualitas sinetronIndonesia kembali dibicarakan publik. Kali ini diwakili oleh Suara Hati Istri yang tayang di Indosiar. Isu utama yang disorot dari sinetron ini adalah mereka menggunakan aktris anak-anak, Lia Ciarachel, baru berusia 15 tahun, sebagai istri ketiga Tirta, diperankan Panji Saputra, berusia 39 tahun. Salah satu episode bahkan menggambarkan adegan di ranjang layaknya suami-istri.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memastikan akan menindak lanjuti aduan masyarakat terkait sinetron Suara Hati Istri Zahra lantaran diperankan oleh artis berusia 15 tahun. KPAI menyebut akan memanggil pihak terkait untuk menjelaskan persoalan sinetron tersebut.

"Besok siang (siang ini) kami undang KPI, LSF dan Kementerian terkait untuk membahas bersama terkait hal ini. Apalagi saat ini negara memiliki konsen besar untuk peningkatan kualitas perlindungan anak maka semua sektor termasuk lembaga penyiaran harus sejalan," kata Ketua KPAI, Susanto Kamis (3/6/2021).

Susanto memastikan pihaknya akan menindaklanjut terkait keluhan dan aduan masyarakat terkait tayangan tersebut. Dia beralasan adanya artis usia 15 tahun yang memerankan salah satu peran yang tidak sesuai usianya dalam sinteron itu.

"Prinsipnya kami menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait tayangan tersebut. Karena banyak keluhan yang disampaikan masyarakat ke kami," ucapnya.

"Karena salah satu pemeran diduga masih usia anak dengan memerankan yang tidak sesuai usianya. Berharap rapat koordinasi besok menghasilkan keputusan yang terbaik untuk perlindungan anak," lanjutnya.

Diketahui, sinetron Suara Hati Istri Zahra dikecam oleh sejumlah netizen karena dianggap membiarkan praktek pedofilia. Karena, salah satu pemerannya yang bernama Lea Ciarachel berperan sebagai istri ketiga. Padahal umur Lea Ciarachel sendiri masih berusia 15 tahun.

Tak hanya itu, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) juga buka suara. KPI telah meminta keterangan pihak Indosiar terkait sinetron Suara Hati Istri Zahra yang ramai dibicarakan di media sosial. KPI menyatakan Indosiar akan segera mengganti pemeran berusia 15 tahun yang berperan sebagai istri ketiga.

"Indosiar menerima semua masukan dan akan segera mengganti pemeran dalam 3 episode mendatang pada sinetron tersebut," ujar Wakil Ketua KPI Mulyo Hadi Purnomo, kepada wartawan, Rabu (6/2/2021).

Pemeran yang diganti itu yakni Lea Ciarachel (15). Kemudian Indosiar, kata Mulyo, akan lebih memperhatikan terkait usia para pemeran sinetron.

tag: #kpai  #kpi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement