Berita
Oleh Rihad pada hari Monday, 07 Jun 2021 - 09:59:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Mengapa Arab Belum Jelaskan Soal Haji? Ini Alasan Sebenarnya

tscom_news_photo_1623034394.jpg
Ilustrasi haji (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Mengapa Arab Saudi relatif lambat memberi pengumuman padahal banyak negara sangat menantikannya, mengingat haji membutuhkan perencanaan yang kompleks? Sedangkan musim haji sudan dekat.

Menteri Penerangan, Majid Al-Qasabi, menjelaskan alasannya. Dia mengatakan, mutasi virus yang terus menerus dan keterlambatan pasokan vaksin di banyak negara menjadi faktor yang menyebabkan penundaan pengumuman musim haji. Hal ini diungkapkan Al-Qasabi dalam jumpa pers rutin pada Minggu (6/6/2021) seperti dikutip dari Saudi Gazette.Dia juga mengatakan, Menkes dan Menteri Haji akan menjelaskan detail teknis pelaksanaan haji beberapa hari mendatang.

Tahun 2020, Arab Saudi tetap mengadakan haji dengan jemaah seribuan orang saja, semuanya warga lokal dan asing yang menetap di negaranya.

Sedangkan pada tahun ini, yang merupakan tahun kedua pandemi COVID-19, Arab Saudi ingin agar jemaah dari luar negeri dimungkinkan untuk menunaikan ibadah haji.

Sejauh ini, baru Singapura dan Indonesia yang memutuskan tidak mengirimkan jemaah haji 2021 dengan alasan pandemi corona dan terbatasnya waktu untuk persiapan haji.

Alasan Sebenarnya

Menurut Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali, pihaknya baru mendapat informasi terkait alasan Saudi belum mengumumkan informasi resmi apa pun terkait haji.

Menurut Endang, berdasarkan penjelasan yang disampaikan Plt Menteri Media/Penerangan Saudi Mr. Majid bin Abdullah Al-Qashabi, mutasi virus Covid-19 dan kelangkaan vaksin menjadi salah satu alasannya.

"Mutasi virus Covid-19, kelangkaan vaksin, dan perkembangan wabah Covid-19 menjadi alasan Saudi belum mengumumkan mekanisme penyelenggaraan haji tahun ini," jelas Endang dalam pernyataan resminya, Minggu (6/6).

Endang melanjutkan, Plt Menteri Media memang secara berkala memberikan penjelasan melalui konferensi pres terkait perkembangan Covid-19.

Dan penjelasan tentang alasan belum umumkan teknis operasional haji disampaikan dalam konferensi pers hari ini.

Endang mengatakan, penjelasan Saudi ini mengonfirmasikan pernyataan Menag Gus Yaqut dalam jumpa pers pada 3 Juni 2021, bahwa sampai saat ini belum ada informasi resmi apa pun dari Saudi terkait operasional haji.

Riset University College London (UCL) di Inggris menemukan, ada 6.822 mutasi virus corona jenis baru di seluruh dunia, termasuk 273 mutasi yang telah terjadi berulang kali. Peneliti hanya fokus pada 31 jenis mutasi yang setidaknya pernah terjadi 10 kali selama pandemi COVID-19.

Hal tersebut terungkap setelah para ahli genetika UCL menganalisis genom virus dari 150.000 pasien COVID-19 dari 75 negara. Mereka ingin membuktikan apakah virus yang telah bermutasi lebih mudah menginfeksi seseorang dibandingkan sebelum bermutasi.

Di sisi lain, banyak negara berhadapan dengan pasokan vaksin COVID-19 sehingga angka rata-rata vaksinasi relatif rendah.

tag: #haji  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Produksi Minyak Nasional Terus Turun, Komisi VII DPR Minta Evaluasi menyeluruh SKK Migas

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin menilai kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto kinerjanya tidak ...
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...