Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 10 Jun 2021 - 09:50:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Fadel Muhammad Ajak Jajaran Kodam IX/Udayana Ikut Mengawal Empat Pilar MPR

tscom_news_photo_1623293439.jpg
Fadel Muhammad (Sumber foto : MPR)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof Dr Ir Fadel Muhammad menyampaikan sosialisasi Empat Pilar MPR kepada jajaran Kodam IX/Udayana. Dalam sosialisasi itu, Fadel Muhammad mengajak jajaran Kodam IX/Udayana untuk ikut mengawal, mentransformasikan dan mentransfer pengetahuan tentang Empat Pilar MPR kepada masyarakat luas. Kodam dan jajaran bisa menjadi agent dalam mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI ke masyarakat dan lingkungannya.

“Dalam sosialisasi ini saya tidak saja menyampaikan tentang Empat Pilar MPR, tetapi juga mengajak jajaran Kodam IX/Udayana untuk mengawal dan mentransformasikan atau mentransfer pengetahuan tentang Empat Pilar kepada masyarakat. Sebab kita menyadari bahwa TNI menjaga Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Fadel Muhammad usai Sosialisasi Empat Pilar MPR kepada jajaran Kodam IX/Udayana di Aula Kodam IX/Udayana Lantai III, Denpasar, Rabu (9/6/2021).

Turut hadir dalam sosialisasi Empat Pilar ini Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak dan jajaran Kodam IX/Udayana. Narasumber sosialisasi ini adalah Hasan Sahab, SE, MM, dan motivator Ketut Wiratama. Aula tempat berlangsungnya sosialisasi dipenuhi jajaran Kodam IX/Udayana dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat (memakai masker dan menjaga jarak).

Fadel Muhammad mengungkapkan dari hasil survei yang dilakukan MPR bekerjasama dengan perguruan tinggi disimpulkan bahwa sosialisasi Empat Pilar MPR (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) belum merata kepada seluruh masyarakat Indonesia. “Kita perlu terus menyampaikan Empat Pilar MPR secara berulang-ulang. Kita harapkan Empat Pilar, khususnya Pancasila menjadi way of life bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat,” ujar Wakil Ketua MPR dari Kelompok DPD ini.

Fadel mencontohkan karakter masyarakat Jepang dalam kehidupan sehari-hari. Orang Jepang memiliki karakter yang menjadi way of life mereka. Dalam kehidupan sehari-hari mereka justru menerapkan seolah mengimplementasikan Pancasila. “Kita ingin Empat Pilar ini menjadi budaya dan karakter bangsa kita. Sosialisasi untuk menjadikan bangsa Indonesia memiliki karakter dan budaya Empat Pilar. Inilah yang masih kurang. Karena itu MPR terus mensosialisasikan Empat Pilar ini kepada masyarakat,” paparnya.

Meski demikian, Fadel mengakui bahwa pendidikan Pancasila sudah disisipkan dalam mata pelajaran kurikulum di sekolah. “Ini dimaksudkan agar Pancasila menjadi way of life dalam kehidupan kita. Pancasila bukan hanya dihafal dan diucapkan, tetapi menjadi bagian dari apa yang dilakukan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari,” tutur mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini.

Bahkan, lanjut Fadel, anggota MPR dari DPR maupun DPD mendapat anggaran untuk sosialisasi Empat Pilar MPR ketika bertemu dengan konstituen. “Terutama kepada generasi muda agar mereka lebih kuat dalam mengimplementasikan Pancasila. Hal ini juga untuk menangkal paham-paham dan ideologi lain. Sebab, dari studi dan survei, masih ada kelompok masyarakat yang mempunyai paham-paham lain, bahkan ada pengaruh dari luar yang ingin mengubah ideologi Pancasila,” sebutnya.

Sementara itu Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak mengatakan bahwa kata sosialisasi bukanlah sesuatu yang simpel dan sederhana tetapi memiliki makna yang luar biasa. “Melalui sosialisasi Empat Pilar MPR kita bisa meng-update bagaimana perkembangan Empat Pilar tersebut dan bagaimana menjaganya untuk ke depan,” katanya.

Maruli juga mengapresiasi MPR yang telah mensosialisasikan Empat Pilar MPR kepada masyarakat khususnya kepada jajaran Kodam IX/Udayana. “Atas nama Kodam IX/Udayana saya berterimakasih sekali Wakil Ketua MPR bisa meluangkan waktu. Ke depan kita bisa bekerjasama lagi dan belajar serta mengupdate Empat Pilar,” ujarnya.

Kepada Wakil Ketua MPR, Maruli juga mengharapkan MPR bisa menyiapkan jajaran Kodam IX/Udayana untuk menjadi narasumber-narasumber sehingga bisa mensosialisasikan Empat Pilar MPR kepada masyarakat luas. “Kita sudah berdiskusi juga, agar MPR bisa menyiapkan jajaran kami menjadi agen-agen yang juga mampu mensosialisasikan Empat Pilar MPR kepada masyarakat,” ucapnya.

tag: #fadel-muhammad  #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...