Berita
Oleh Rihad pada hari Thursday, 10 Jun 2021 - 23:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Waspadai Nobar Piala Eropa Akan Jadi Klaster Covid-19

tscom_news_photo_1623336308.jpg
Ilusttrasi nobar (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengemukakan agenda nonton bareng (nobar) Piala Eropa 2021 perlu mewaspadai kondisi "asimptomatik" yang umum ditemukan pada kaum muda.

"Yang menjadi masalah adalah bahwa masyarakat itu abai kalau tidak ada gejala, kemudian masuk ke dalam kategori tanpa gejala (asimtomatik)," katanya dalam acara virtual Dialog Kabar Kamis di Media Center KPCPEN, Kamis (10/6).

Dante mengatakan kondisi asimptomatik umumnya dialami masyarakat pada rentang usia muda yang memiliki imun tubuh yang kuat.

Meski berstatus sebagai pasien COVID-19 tanpa gejala, kata Dante, namun sebenarnya seseorang dengan asimptomatik bisa membawa SARS-CoV-2 yang bersarang dalam tubuhnya hingga ke rumah, lalu menulari keluarga bahkan rekan mereka.

"Kemudian virus itu menjadi gejala setelah dia menularkan kepada kelompok anggota keluarganya yang berusia tua atau yang mempunyai komorbid tertentu," katanya.

Meskipun seseorang tidak mempunyai gejala, kata Dante, tetapi mereka berpotensi untuk menularkan kepada orang-orang sekitarnya.

"Mungkin akan jadi lebih berbahaya daripada yang kita alami pada saat kita tidak bergejala," katanya.

Untuk itu Dante mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kemunculan klaster baru COVID-19 dari agenda "nonton bareng" (nobar) Piala Eropa yang bergulir 11 Juni hingga 11 Juli 2021.

"Saya menghimbau kepada masyarakat adanya Piala Eropa adanya lebaran, liburan itu tetap kita harus menjaga protokol kesehatan," katanya.

Contoh Aceh

Polisi Daerah Aceh, bakal membubarkan warga yang nekat menggelar nonton bareng (nobar) Piala Eropa 2020. Perhelatan sepakbola negara-negara Eropa itu, akan dimulai Sabtu dini hari, 12 Juni 2021.

Kabid Humas Polda Aceh, Komisaris Besar Polisi Winardy mengatakan, pihaknya melarang warga untuk menggelar nobar dikarenakan kasus COVID-19 di provinsi tersebut saat ini sedang meningkat tajam. Sehingga, warga yang ingin menonton Piala Eropa 2020, disarankan untuk menyaksikan dari rumah saja.

Kata dia, jika ada warga yang nekat menonton di warung kopi atau pihak yang menyelenggarakan nobar, maka tim Satgas COVID-19 akan membubarkan. Tak hanya itu, juga akan memberikan sanksi sesuai ketentuan. Bahkan jika berulang akan dipidanakan.

tag: #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Sikapi Penolakan Permenperin 03/2021, Anggota Komisi VI: Tak Perlu Didengar Karena Gak Substantif

Oleh Bachtiar
pada hari Selasa, 15 Jun 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi VI DPR RI, Mukhtarudin menilai, reaksi sejumlah pihak yang menolak keberadaan Permenperin 3/2021 tak lebih sebagai ekspresi kekecewaan dari pihak-pihak ...
Berita

Tanggapi Pihak yang Menolak Permenperin 3/2021, DPD APTRI: Justru Permenperin Itu Memperkuat Industri Gula Tanah Air

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Menyikapi adanya suara-suara penolakan terkait keberadaan Permenperin 03/2021 Tentang Jaminan Ketersediaan Bahan Baku Industri Gula Dalam Rangka Pemenuhan Kebutuhan Gula ...