Berita
Oleh Rihad pada hari Friday, 18 Jun 2021 - 23:58:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Hati-hati, Banyak Ditemukan Pasien Muda Tanpa Komorbid

tscom_news_photo_1624031918.jpg
Erlina Burhan (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Dokter Spesialis Paru, Erlina Burhan, berpendapat dengan ditemukannya varian baru, banyak di RS itu pasien masih muda-muda dan tidak ada komorbid, sehat. "Nah, ini sepertinya terjadi shifting usia karena varian baru," kata Erlina dalam jumpa pers virtual, Jumat (18/6).

"Di Jakarta sudah sudah 20 varian baru Delta. Jadi kalau di Jakarta sudah ditemukan maka sekitarnya juga terpapar," imbuh dia.

Erlina berpendapat kalau pemerintah lebih transparan soal data-data COVID-19 termasuk varian baru. Sebab saat ini Indonesia sedang dalam kondisi mengkhawatirkan.

Dokter Ungkap saat Ini Banyak Anak Muda Tanpa Komorbid Dirawat karena COVID-19 (2)

"Jadi selain transparansi, pemerintah ke rakyat juga harus ada komunikasi efektif. Sekarang kita kan tidak konsisten dan selaras, berbeda dengan negara lain mereka saling mendukung. Saya kira betul sekali kondisi Indonesia secara umum sekarang tidak baik-baik saja," ucap Erlina.

"Kita dalam kondisi mengkhawatirkan. Pemda, gubernur, wali kota, jadi pemerintah harus transparan mulai dari data peningkatan kasus, peningkatan kematian, atau sequencing yang baru," lanjut dia.

Adapun testing harus diperluas lagi. Sehingga baik kasus COVID-19 maupun varian mutasinya bisa lebih cepat ditangani.

"Jangan sampai terjebak dengan istilah zona tidak melakukan testing yang cukup, jadi seolah-olah daerahnya tidak ada kasus. Ini yang enggak boleh, seharusnya tracing testing masif, apalagi kondisi Indonesia saat ini. Saya bahkan berasumsi barangkali angkanya lebih dari yang didata atau yang diperiksa," tutur Erlina.

"Gubernur di DKI juga pernah mengatakan jumlah pemakaman meningkat. Jauh lebih tinggi dari RS. Jangan-jangan kasus-kasus ini kasus COVID yang tidak terdiagnosis. Jadi itu tadi, 3T ditingkatkan. Karena kita akan menemukan kasus lebih dini sehingga tindak lanjut akan lebih baik," katanya..

tag: #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...