Oleh Rihad pada hari Sabtu, 19 Jun 2021 - 15:43:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Polisi Diminta Usut Pembunuhan Wartawan Marsal Harahap

tscom_news_photo_1624092181.jpg
Ilustrasi Pembunuhan (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Peristiwa pembunuhan, Sabtu dini hari, (19/6/2021) terhadap Mara Salem (Marsal) Harahap, Pemred dan sekaligus pemilik lassernewstoday.com ditanggapi oleh Syafrudin Budiman SIP Ketua Umum DPP Partai UKM Indonesia. Gus Din sapaan akrabnya ini, mengecam keras dalang dibalik pembunuhan wartawan tersebut.

Mantan wartawan Surabaya Post 2001-2003 yang berprofesi konsultan media ini, mengutuk tindakan kekerasan dan pembunuhan kepada Marsal. Katanya, tindakan kekerasan kepada awak media akhir-akhir ini sangat mengkhawatirkan dan meresahkan.

“Perlu tindakan tegas dan kongkrit dari kepolisian untuk menangkap siapa dalang dan pelakunya. Kepada aparat penegakan hukum untuk memberikan hukuman seberat-beratnya kepada pelaku. Kalau perlu hukuman mati, karena hal ini termasuk pembunuhan berencana,” terang Syafrudin Budiman SIP Ketua Umum DPP Partai UKM Indonesia, Sabtu (19/6/2021) di Hotel Ibis Tamarin, Jl. KH. Wahid Hasyim 77, Jakarta Pusat.

Menurutnya, tindakan kekerasan terhadap wartawan atau insan pers merupakan tindakan kejahatan kemanusiaan dan termasuk pelanggaran HAM berat.

DPP Partai UKM Indonesia mendesak kepolisian agar dalam waktu dekat bisa mengungkap siapa dalang dan pelaku pembunuhan. Termasuk katanya, kepolisian diharapkan bisa membongkar motif pembunuhan Marsal Harahap.

“Pembunuhan kepada awak media diharapkan segera bisa diungkap secara terang-terangan kepada publik,” desak Gus Din.

Ia mengatakan, pers merupakan salah satu pilar dan tonggak demokrasi karena sangat penting dan strategis fungsi, peran dan tugasnya dalam mengawal demokrasi. Sementara ancaman terhadap profesi seorang wartawan semakin nyata dan relatif tinggi dengan berbagai motif.

“Padahal sebagaimana UU 40/1999 tentang pers dijamin dan mendapat perlindungan hukum dari negara,” jelasnya.

Untuk itu lanjutnya, dia berharap para insan pers di tanah air agar semakin solid dan tidak ciut nyalinya. Dimana terus berjuang menyajikan informasi teraktual disertai dedikasi yang tinggi, profesional, berani dan berintegritas.

“Kami Partai UKM turut berduka cita dan keluarga duka semoga diberikan ketabahan. Untuk para awak media terus semangat selalu dan jangan kendor. Mari kita lawan kekerasan kepada insan pers,” kata Gus Din.

Sebelumnya, seorang wartawan Mara Salem Harahap dikabarkan meninggal dunia karena ditembak oleh orang yang tidak dikenal saat hendak pulang kerumahnya.

tag: #wartawan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement