Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 22 Jun 2021 - 14:32:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketua Fraksi PKS Ajak Masyarakat Teladani KH Abdul Wahab Chasbullah

tscom_news_photo_1624347164.jpeg
Jazuli Juwaini Ketua Fraksi PKS (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini menyambut penuh hormat Haul KH Abdul Wahab Chasbullah, tokoh pendiri Nahdatul Ulama bersama KH Hasyim Asyari, yang akan dilaksanakan terpusat di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang Jawa Timur (Selasa, 22 Juni 2021). Acara ini akan disiarkan secara live melalui 250 youtube channel pukul 19.00.

Jazuli Juwaini menghimbau seluruh masyarakat, khususnya kader-kader PKS, untuk mengikuti Haul KH Wahab Chasbullah dengan seksama untuk mengambil keteladanan yang luar biasa dari Beliau rahimahullah.

Menurut Jazuli, KH Wahab Chasbullah adalah ulama besar yang dimiliki bangsa Indonesia. Kita semua menghormati beliau sebagai perintis dakwah ahlussunnah wal jamaah dan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia.

"Beliau teladan yang luar biasa bagi rakyat Indonesia khususnya umat Islam. Perjuangannya untuk menyatukan umat dan rakyat Indonesia sangat kita hormati. Sehingga beliau sangat layak menjadi Pahlawan Nasional yang dikukuhkan sejak tahun 2014," ungkap Jazuli.

KH Wahab Chasbullah yang lahir pada 31 Maret 1888 ini, menurut Anggota Komisi I DPR Dapil Banten, tak henti-hentinya melakukan ijtihad demi menyatukan dan memajukan rakyat Indonesia yang saat itu dikepung penjajahan, kebodohan, kejumudan dan ancaman perpecahan.

"Berturut-turut beliau mendirikan Nahdatul Wathon atau Kebangkitan Negeri pada tahun 1916 untuk menggelorakan semangat juang rakyat melawan penjajah. Lalu, Nahdatul Tujjar atau Kebangkitan Pedagang pada tahun 1918 sebagai pusat penggalangan dana untuk membiayai dakwah dan kemerdekaan Indonesia," terangnya.

Beliau juga mendirikan kelompok diskusi pemikiran Tashwirul Afkar pada tahun 1919 untuk mencerdaskas dan membuka cakrawala pemikiran umat, menjadi simpul komunikasi antar elemen umat, juga untuk kaderisasi intelektual di kalangan umat Islam. Selanjutnya, beliau punya peran besar dalam merintis kelahiran Nahdatul Ulama atau Kebangkitan Ulama bersama Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari, yang kita kenal sebagai ormas Islam terbesar di Indonesia hingga kini. Ketika Resolusi Jihad diserukan oleh Hadratussyaikh, KH Wahab adalah panglima lapangan yang memastikan implementasinya di seluruh wilayah.

Ketua Fraksi PKS juga menyebut bahwa KH Wahab Chasbullah terus berupaya menyatukan umat untuk kemerdekaan melalui pendirian Majelis Islam Ala Indonesia atau MIAI bersama KH Ahmad Dahlan dan KH Mas Mansur di masa pendudukan Jepang tahun 1937. Beliau juga aktif berkiprah sebagai penasehat Masyumi bersama kalangan NU dan Muhammadiyah.

"Jangkauan pemikiran dan aktivisme KH Wahab Chasbullah jauh ke depan di masanya. Beliau sudah berfikir bagaimana membangun nasionalisme bangsa yang dijiwai oleh nilai-nilai Islam dan umat Islam harus bangkit terdepan dalam menyatukan rakyat untuk kemerdekaan Indonesia. Kita kirimkam Al-Fatihah untuk beliau seraya berdoa kita semua mampu meneladani perjuangan beliau," pungkas Jazuli.

tag: #jazuli  #pks  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
56 Tahun Telkom Indonesia
advertisement
Dompet Dhuafa x Teropong Senayan : Qurban
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Lainnya
Berita

HNW Kutuk Keras Pembunuhan Sadis Ketua MUI Labura

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 29 Jul 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR RI Dr. H. M Hidayat Nur Wahid, MA mengutuk keras pembunuhan sadis terhadap Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang juga Ketua Forum Kerukunan Umat ...
Berita

Alasan Masyarakat Kesulitan Dapat Layanan Kesehatan. Nasdem Menolak Fasilitas Untuk DPR.

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Sekretariat Jenderal DPR sebelumnya mengumumkan penyediaan fasilitas isolasi mandiri bagi anggota Dewan, Aparatur Sipil Negara (ASN), Tenaga Ahli, Staf Administrasi Anggota, ...