Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 13 Jul 2021 - 17:21:04 WIB
Bagikan Berita ini :

Bamsoet: Taat PPKM Darurat, Prokes dan Vaksinasi Bagian Dari Bela Negara

tscom_news_photo_1626171664.jpg
Bamsoet Ketua MPR (Sumber foto : MPR)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI yang juga menjabat Kepala Badan Bela Negara FKPPI Bambang Soesatyo menegaskan, ketaatan masyarakat menjalankan PPKM Darurat dan protokol kesehatan serta kesediaan mengikuti vaksinasi Covid-19, merupakan cerminan bela negara di masa pandemi Covid-19. Sebab dengan langkah tersebut masyarakat tidak hanya melindungi diri, keluarga serta anggota masyarakat. Pada akhirnya juga turut mencegah kehancuran negara.

"Keluarga Besar Forum Komunikasi Putra-Putri TNI-Polri dan Putra-Putri Purnawirawan TNI-Polri (KB FKPPI) di berbagai daerah harus menjadi teladan bagi setiap anggota masyarakat sekitar. Karena jika pandemi Covid-19 ini terus berlarut akibat masyarakat tidak taat PPKM Darurat, tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan, serta menghindari vaksinasi, selain menyebabkan jatuhnya korban jiwa juga akan menyebabkan krisis ekonomi, sosial, dan politik yang berkepanjangan. Jika dibiarkan terus berlarut, akan membuat Indonesia semakin hancur," ujar Bamsoet dalam acara Sapa Pengurus Cabang KB FKPPI, secara virtual dari Jakarta, Selasa (13/7/21).

Turut hadir antara lain Ketua Umum KB FKPPI Pontjo Sutowo, Sekjen KB FKPPI Anna Legawati, Menteri Pertanian/Wakil Ketua Umum KB FKPPI Syahrul Yasin Limpo, Satgas Opspus Aman Nusa II Baharkam Polri Kombes Pol Iwan Setyawan, Wakil Kepala Badan Bela Negara KB FKPPI Devi Andita, Bendahara Badan Bela Negara KB FKPPI Herya Fitri serta Pengurus Daerah FKPPI Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, dan Kepri.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, kegiatan Sapa Pengurus Cabang KB FKPPI akan rutin diadakan pada hari Selasa dan Kamis, setiap Pukul 14.00 - 16.00 WIB. Dimulai pada Selasa 13 Juli 2021 dan berakhir pada Kamis 5 Agustus 2021. Sehingga bisa menyapa seluruh pengurus cabang KB FKPPI dari Sabang hingga Merauke, dalam rangka konsolidasi organisasi KB FKPPI terkait ranah tata nilai (pembangunan jiwa), ranah tata kelola, dan ranah tata sejahtera (pembangunan jasmani).

"Sekaligus mengkonsolidasikan kekuatan sosial pengurus cabang KB FKPPI dengan Kodam dan Polda di daerahnya masing-masing. Dalam rangka menjaga kedaulatan dan persatuan bangsa. Khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19, yang saat ini masih menjadi momok persoalan bangsa. Mengatasinya, perlu gotong royong semua elemen bangsa," jelas Bamsoet.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini juga mengajak pemerintah bersama personil TNI-Polri lebih bijaksana dalam menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM Darurat). Khususnya, dalam menyikapi masyarakat yang masih membuka warung atau tempat berjualan sebagai mata pencaharian.

"Sesuai ketentuan PPKM Darurat, warung tetap diperbolehkan beroperasi dengan catatan tidak menimbulkan kerumunan dan tidak menyediakan makan di tempat. Makanan atau jualan yang dijual bisa dibungkus (take away). Para pelaku usaha warung maupun usaha mikro lainnya, mereka tidak memiliki gaji bulanan. Melainkan mengandalkan pendapatan harian dari berjualan, karenanya tidak boleh ditutup begitu saja," tandas Bamsoet.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini juga menyoroti, dari 181.554.465 warga yang menjadi target sasaran vaksinasi Covid-19 nasional, hingga 12 Juli 2021 baru terdapat 26.368.191 warga yang telah menerima vaksinasi ke-1 (naik sekitar 101.172 warga), serta 15.036.468 warga yang menerima vaksinasi ke-2 (naik sekitar 25.120 warga). Sementara hingga 12 Juli 2021, sudah ada 2.567.530 warga yang terkena Covid-19 dengan kasus aktif mencapai 380.797 warga, dengan penambahan kasus aktif per hari mencapai 4.782 warga.

"Target 1 juta vaksinasi per hari masih belum bisa terlaksana. Selain karena masih banyak warga yang tidak mau menerima vaksinasi akibat termakan hoax, juga karena masih adanya ketidaksinkronan kebijakan vaksinasi antara pusat dan daerah. Padahal, ketersediaan vaksin di Indonesia cukup memadai. Setidaknya pemerintah sudah mengamankan 122 juta dosis vaksin Covid-19 dari berbagai jalur pengadaan," sorot Bamsoet.

Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) ini menambahkan, ketersediaan vaksin Covid-19 tersebut antara lain Sinovac sebanyak 108 juta dosis, AstraZeneca dari jalur Covax Facility sebanyak 8,2 juta dosis, Sinopharm sebanyak 2 juta dosis, AstraZeneca sebanyak 998 ribu dosis serta Moderna sebanyak 3 juta dosis.

Khusus membantu pemerintah mempercepat program vaksinasi Covid-19, FKPPI akan membentuk Gugus Tugas Vaksinasi Covid-19. Mengingat FKPPI pernah sukses menjalankan vaksinasi Covid-19 untuk 3.000 lansia dan pekerja sektor pariwisata, yang dilakukan di Hotel Sultan pada media April 2021. Melalui Gugus Tugas, kesuksesan tersebut akan disebarkan hingga ke FKPPI di berbagai daerah.

"Dengan bergotong royong, pemerintah bertindak sebagai penyedia vaksin, Gugus Tugas FKPPI akan bekerjasama dengan berbagai stakeholders untuk menyiapkan tenaga kesehatan sekaligus sarana dan prasarana yang dibutuhkan, seperti jarum suntik dan tempat pelaksanaan vaksinasi. Sehingga membantu mengurangi beban kerja sekaligus beban pengeluaran negara," pungkas Bamsoet.

tag: #bamsoet  #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
56 Tahun Telkom Indonesia
advertisement
Dompet Dhuafa x Teropong Senayan : Qurban
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Lainnya
Berita

Kapolri Konsisten Tangani Dugaan Penipuan Jual Beli Gadget

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 28 Jul 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit tetap konsisten menangani tuntas Polres penanganan pengembangan perkara penipuan dan penggelapan jual beli gadget yang merugikan korban ...
Berita

Soal Dugaan Bocornya Data Asuransi BRI life. Komisi I DPR Ingatkan Pemerintah Segera Selesaikan RUU PDP

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Industri asuransi dikejutkan oleh dugaan kebocoran data dari PT Asuransi BRI Life, yang dikabarkan berisi data dua juta nasabah. data itu dijual di situs Raid Forums, forum ...