Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 14 Agu 2021 - 17:34:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Resmikan Ekspor Telur Tetas, Menko Perekonomian Bilang Jangan Dilambung Vietnam Lagi

tscom_news_photo_1628937280.jpg
Singgih Januratmoko (Sumber foto : Istimewa)

KLATEN (TEROPONGSENAYAN) --Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto berkunjung ke Klaten, untuk menyalurkan bantuan kepada warga yang menjalani isolasi terpusat. Dalam kesempatan itu, Airlangga Hartarto juga melepas ekspor perdana telur tetas (hatching egg/HE), ke Myanmar dan Vietnam.

Terkait kunjungannya ke Gedung Olahraga (GOR) Gelarsena, Klaten, Jawa Tengah, ia menekankan pentingnya isolasi mandiri. Menurut dia klaster keluarga membesar, karena tidak terperhatikan dengan baik. “Isolasi terpusat memungkinkan mengurangi tidak termonitornya pasien yang isoman. Dengan begitu angka kematian bisa ditekan dan memotong rantai penyebaran Covid-19,” ujar Airlangga Hartarto.

Dalam kesempatan itu, Airlangga Hartarto dan Anggota DPR RI Singgih Januratmoko sekaligus Komisaris Utama Janu Putra Group, membagikan bantuan 1 ton telur dan 1 ton daging ayam beku. Bantuan tersebut ditujukan kepada warga yang menjalani isolasi dan warga terdampak Covid-19 di Kabupaten Klaten dan Kota Surakarta.

Usai mengunjungi GOR Gelarsena, Airlangga melepas ekspor telur tetas indukan ayam potong dan petelur di halaman Kantor Janu Putra Group.

"Ekspor telur tetas parents stock di saat pandemi ini luar biasa. Biasanya kita impor sekarang bisa ekspor ke Myanmar dan Vietnam,” ujar Airlangga.

Menko Airlangga juga mengingatkan jangan lagi dilambung Vietnam pada agrobisnis. “Dulu kita ekspor kopi ke Vietnam, sekarang Vietnam surplus kita disalip,” ujarnya sembari bercanda.

Menurut Erlangga prestasi ekspor HE di tengah pandemi merupakan prestasi. Biasanya eksportir HE adalah perusahaan peternakan raksasa atau integrator. “Kini ada perusahaan lokal yang mengekspor HE ke beberapa negara di saat pandemi Covid-19, ini adalah prestasi yang perlu ditingkatkan,” ujarnya.

Sementara itu, Singgih mengatakan pihaknya memerlukan impor Grand Parents Stock (GPS) untuk meningkatkan ekspor HE ke Myanmar, Vietnam, dan negara-negara Afrika. Menurut data Janu Putra Grup, negara-negara itu membutuhkan 2 juta butir HE per tahun.

Menurut Singgih, PT Januputra Sejahtera, sejak tahun lalu sudah mulai merintis dan membidik pasar mancanegara. Salah satu peluangnya adalah kebutuhan HE parents stock ayam broiler di Myanmar, Afrika, kamboja dan Vietnam.

“Sebagai perusahaan perunggasan yang bergerak di hulu atau pembibitan, ada peluang kebutuhan parent stock (PS) ayam broiler di kedua negara itu. Akhirnya kami mendapat pasar untuk mengirim secara reguler,” jelas Singgih.

Ekspor perdana ini ditujukan ke Myanmar sebanyak 166.000 butir telur tetas PS. Dari jumlah tersebut akan menghasilkan sedikitnya 24 juta ekor final stock ayam broiler. “Tahap awal pada Agustus ini kami ekspor 66.000 butir HE dan pada September 99.000 butir,” ujar Singgih yang juga Ketua Umum Perhimpunan Insan Petunggasan Rakyat (Pinsar Indonesia).

Selain ke Myanmar, PT Januputra juga akan mengekspor telur tetas PS ke Vietnam sebanyak 145.000 butir yang nantinya menghasilkan 21 juta ekor anak ayam atau Final Stock DOC (_day old chicken_). “Ekspor ke Vietnam kami lakukan November dan Desember tahun ini,” dia menambahkan.

Upaya ekspor yang dilakukan PT Januputra, selain menunjukkan kemanpuan peternak dalam negeri untuk bersaing di pasar global, juga sebagai antisipasi _over supply_ produksi ayam broiler yang sudah terjadi tiga tahun terakhir.

“Ini bentuk komitmen kami untuk mengatasi masalah over supply produksi ayam broiler sehingga diharapkan bisa membantu peternak mandiri di dalam negeri,” tegas Singgih.

Sub sektor peternakan, khususnya kontribusi dari petunggasan pada masa pandemi ini ternyata mampu meningkatkan pertumbuhan sekitar 7 persen. Singgih menyebutkan salah satu upaya dengan terus mencari peluang di pasar mancanegara. “Ini bagian dari kepedulian peternak mandiri yang non integrator,” lanjutnya.

Untuk bisa melakukan ekspor yang berkelanjutan dengan negara tujuan yang lebih banyak serta volume yang yang besar, lanjut Singgih, Kementerian Pertanian harus konsisten dengan komitmennya membantu perusahaan yang melakukan ekspor. Salah satunya dengan memberikan _reward_ penambahan produksi Grand Parent Stock (GPS).

tag: #singgih-januratmoko  #airlangga-hartarto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...