Oleh Bachtiar pada hari Minggu, 29 Agu 2021 - 08:14:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Legislator PAN Ini Dorong Pemerintah Perkuat UMKM di Tengah Situasi Pandemi

tscom_news_photo_1630199648.jpg
Farah Puteri Nahlia Politikus PAN (kiri) bersama Politikus PAN Zulkifli Hasan (kanan) saat berkunjung ke salah satu pabrik Tahu di Sumedang, Jawa Barat (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI, Farah Puteri Nahlia mendorong agar Pemerintah memperhatikan dan memperkuat keberadaan para pelaku UMKM di tengah masa pandemi seperti saat ini.

Pasalnya, kata dia, untuk menghadapi situasi seperti itu, para pelaku UMKM di satu sisi dituntut beradaptasi. Tapi karena kondisi setiap UMKM berbeda-beda, baik terkait kapasitas sumber daya atau kemampuan operasional, tentu tak dapat disamaratakan.

"Negara perlu hadir dengan program yang tepat sasaran termasuk memberikan insentif sebagai daya ungkit bagi para pelaku UMKM," tandas Anggota Komisi I DPR RI itu kepada wartawan, Minggu (29/08/2021).

Harus diakui, kata dia, dampak pandemi Covid-19 sangat besar terutama terhadap kelangsungan ekonomi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dari data BPS, jelas dia, saat ini jumlah UMKM ada di angka lebih dari 65 juta. Khusus Kabupaten Sumedang saja data tercatat dan terverifikasi hingga tahun 2020 sebanyak 26.000 an para pelaku UMKM.

Artinya, kata dia, dari satu kabupaten saja keberadaan para pelaku UMKM ini sangat potensial bagi penguatan ekonomi daerah maupun Nasional.

"Artinya sektor ini menjadi tumpuan ekonomi rakyat. Namun di tengah situasi seperti saat ini tak semua usaha dapat bertahan," ujarnya.

"Sebut saja misalnya sektor UMKM makanan dan minuman. Pada masa pandemi Covid-19, dengan berbagai kebijakan pembatasan terpaksa tak seproduktif di masa normal. Risiko seperti ini menjadi konsekuensi bagi pelaku usaha yang basisnya mendatangkan orang. Apalagi usaha-usaha yang sifatnya masih tradisional, belum memanfaatkan strategi digital," lirih Anggota DPR Fraksi PAN itu.

Oleh karena itu, kata dia, ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam rangka penguatan UMKM di masa pandemi khususnya.

"Pertama, Pemerintah wajib memberi insentif kepada UMKM secara tepat sasaran dan tepat guna. Kedua, mendukung pengembangan kewirausahaan lokal dan pemulihan UMKM dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Ketiga, melakukan akselerasi peningkatan kapasitas sumber daya pelaku usaha dan menggalakkan UMKM Go Digital. Keempat, membangun kolaborasi lintas stakeholder sebagai wujud gotong royong menjamin ketahanan ekonomi kerakyatan.

Kelima, Saya selaku kader PAN Di Dapil Jabar IX selalu sinergis sesuai arahan Ketua Umum PAN dalam upaya penguatan UMKM. Sebagai upaya perwujudan cita-cita partai dalam mensejahterakan rakyat," pungkasnya.

tag: #umkm  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement