Oleh Aswan pada hari Kamis, 02 Sep 2021 - 19:57:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Teten Masduki Yakin PON XX Papua 2021 Bisa Dongkrak UMKM

tscom_news_photo_1630587472.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengan (Menkop dan UKM) Teten Masduki meyakini bahwa gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua pada Oktober mendatang bisa mendongrak pendapatan UMKM.

Namun, Teten sangsi bahwa nilai ekonomi UMKM pada PON XX bisa mencapai angka yang sama dengan PON 2012 di Riau dan PON 2016 di Jawa Barat.

"Kami meyakini PON 20 di Papua ini tentu akan menggerakkan UMKM di sana, meskipun di tengah pandemik mungkin saja ada sedikit pengurangan nilai ekonomi," ujar Teten, dalam Forum Merdeka 9, yang digelar secara virtual, Kamis (2/9/2021).

1. Pandemik jadi faktor yang bisa menghambat geliat UMKM di PON Papua.

Teten menceritakan bahwa pada PON 2012 dan 2016 tercatat ada lebih dari Rp100 miliar yang berhasil diraup sektor UMKM.

Teropong Juga: Gim Lokapala Dari Melon Indonesia Turut Dipertandingkan di PON XX Papua 2021

Pandemik COVID-19 yang masih melanda Indonesia saat ini membuat angka tersebut bisa berkurang pada saat PON XX dimulai pada 2 Oktober mendatang.

"Mungkin PON di papua karena mash ada pandemik mungkin akan sedikit menurun, tetapi kami yakin ini tetap akan mempunyai dampak cukup bagus karena akan ada banyak orang datang," tutur Teten.

2. Jenis UMKM yang potensial meraup untung.

PON XX di Papua diprediksi menghadirkan lebih dari sembilan ribu atlet yang akan berjuang selama dua pekan untuk mengharumkan daerahnya masing-masing.

Menurut Teten, itu merupakan ceruk pasar yang sangat besar bagi UMKM di Papua untuk meraih keuntungan di tengah pandemik COVID-19 saat ini.

"Ini akan membuat banyak UMKM diuntungkan antara lain misalnya pemilik penginapan, penjual merchandise, makanan, dan minuman," kata dia.

3. PON XX jadi ajang promosi UMKM Papua secara masif.

Teten menambahkan, sektor-sektor UMKM tersebut sudah masuk dalam kerja sama antara Kemenkop UKM dan Pemerintah Provinsi Papua dalam hal promosi produk-produknya.

"PON ini kita pakai sebagai momentum mendorong mereka, UMKM di Papua untuk onboarding di platform medsos atau lokapasar yang disesuaikan dengan skala dan trade area-nya," kata dia.

Selain itu, upaya lainnya dari Teten untuk bisa mempromosikan UMKM Papua secara luas adalah dengan menggandeng artis Raffi Ahmad sebagai brand ambassador.

"Kami juga ada kerja sama dengan endorsment ambassador seperti Raffi Ahmad untuk mempopulerkan dan mempromosikan produk-produk UMKM ke masyarakat luas," ucap Teten.

tag: #umkm  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TB Hasanuddin Mengecam Bentrokan Brimob dan Marinir di Sorong Papua

Oleh Sahlan Ake
pada hari Minggu, 14 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin mengecam insiden bentrokan antara prajurit TNI dengan anggota polisi Brigade Mobil (Brimob) di Kota Sorong, Papua ...
Berita

TB Hasanuddin: Perubahan KKB Jadi OPM Lebih Realistis, Tapi Seluruh Lembaga Negara Harus Sepakat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin mengungkapkan  penyebutan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menjadi Organisasi Papua Merdeka (OPM) memiliki ...