Oleh Bachtiar pada hari Minggu, 17 Okt 2021 - 13:13:42 WIB
Bagikan Berita ini :

Banyak Manfaat, Legislator Ini Dorong Asuransi Milik BUMN Berikan Edukasi dan Pemahaman ke Pelaku UMKM

tscom_news_photo_1634451222.jpg
I Nyoman Parta Anggota komisi VI DPR RI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pemahaman tentang asuransi sebagai sebuah produk perlindungan belum begitu dipahami secara utuh oleh sebagian masyarakat termasuk masyarakat pelaku UMKM.

Tentu saja hal ini jadi tantangan dan jadi peluang bagi industri asuransi termasuk asuransi milik negara untuk menangkap peluang yang cukup potensial tersebut.

Anggota komisi VI DPR RI, I Nyoman Parta mengatakan, selama ini pembicaraan terkait UMKM lebih banyak menyoroti soal pembiayaan, kebijakan pendukung, pengembangan kapasitas usaha dan lain sebagainya.

"Oleh karena itu, bila pelaku UMKM diberikan pencerahan pentingnya asuransi, maka mereka akan memproteksi diri melalui produk perusahaan BUMN asuransi untuk meminimalisasi resiko," jelas Parta dalam kegiatan sosialisasi Peran IFG (Indonesia Financial Group) dan anak perusahaan dalam menyediakan produk asuransi dan penjaminan di masyarakat, di Hotel Vasini, Denpasar, Bali, Sabtu (16/10/2021).

Parta menambahkan, belum banyaknya informasi terkait penjaminan kredit modal kerja UMKM pada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menandakan bahwa pemahaman masyarakat akan asuransi masih sangat rendah.

"Jika dilihat masyarakat masih sangat awam terkait asuransi. Padahal asuransi ini memiliki manfaat bagi masyarakat, asuransi tidak hanya diidentikan dengan perlindungan pada diri sendiri saja. Tetapi cakupan sudah bersifat makro salah satunya bisa terhadap usaha-usaha kita," papar Politikus PDIP itu.

Parta juga mengingatkan agar masyarakat dalam memilih asuransi harus jelas dalam arti asuransi tersebut harus sudah terdaftar di OJK.

"Dan tidak perlu khawatir terhadap asuransi, apalagi asuransi ini punya BUMN," ujar anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini di depan puluhan penggiat UMKM seluruh Bali.

Parta juga menjelaskan, acara sosialisasi bersama BUMN asuransi sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM. Karena selama ini berbicara pada akses modal, pendampingan dan pelatihan UMKM.

"Ada program asuransi untuk petani, peternak, perikanan, nelayan yang ditanggung pemerintah tetapi belum terserap semuanya. Program yang begitu bagus, preminya ditanggung pemerintah tidak sampai ke petani, nelayan dan lainnya," pungkasnya.

tag: #asuransi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement