Oleh Bachtiar pada hari Kamis, 21 Okt 2021 - 09:56:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Calon Panglima TNI, DPR: Akan Membahasnya Setelah Surat Diterima

tscom_news_photo_1634784999.jpg
Dave Laksono Politikus Golkar (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi I DPR Dave Laksono mengatakan, calon Panglima TNI pengganti Marsekal TNI Hadi Tjahjanto harus memiliki sejumlah kriteria sebagai pimpinan tertinggi di angkatan bersenjata.

Dave begitu ia disapa menjabarkan ada tiga kriteria yang harus dimiliki pengganti Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun pada bulan November mendatang.

"Pertama, membangun soliditas TNI dan POLRI dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara," kata Politikus Golkar itu dalam keterangannya, Kamis, (21/10/2021).

Menurut Dave, soliditas sangat penting lantaran kondisi negara yang mungkin masih terdampak Covid-19 maupun pasca pandemi.

Selain itu, kata Dave, sinergisitas juga dibutuhkan kuat dalam mengelola situasi keamanan nasional.

"Dalam penanganan KKB di Papua dan beberapa ancaman pertahanan keamanan soliditas TNI POLRI diperlukan di bawah kepemimpinan Panglima yang baru nanti," papar Dave.

Kedua, lanjut Dave, calon Panglima TNI pengganti Hadi harus mampu mengawal dan membawa modernisasi alutsista TNI.

Ia menuturkan, modernisasi alutsista merupakan kebutuhan mendesak yang harus segera dilakukan oleh Panglima TNI yang baru nanti.

"Sebagai mitra TNI tentunya komisi 1 membuka peluang dialog atas program modernisasi tersebut. Banyak kebutuhan pertahanan negara yang perlu diperbarui maupun adaptasi dengan kecanggihan teknologi," tegas Dave.

"Peran Panglima nantinya akan sangat krusial dalam menentukan modernisasi alutsitas," tambah Legislator Golkar ini.

Dave melanjutkan, untuk kriteria ketiga calon Panglima TNI harus mampu mengantispasi serangan siber yang semakin massif.

Ia menekankan, Pertahanan negara melalui dunia siber kini perlu mendapat perhatian dari TNI karena sudah masuk ke ranah data pribadi bahkan sampai pejabat negara seperti Presiden RI.

"Untuk mencegah serangan pertahanan negara melalui dunia siber maka peran TNI juga harus dilibatkan khususnya yang berkaitan dengan serangan dari para hacker luar negeri, setidaknya peran dalam hal menangkal serangan siber internasional," kata Dave.

Meskipun, lanjut Dave, peran tindakan hukum yang berkaitan nasional dikendalikan Polri.

"Untuk itu panglima TNI nanti perlu menjabarkan strategi pertahanan dalam tangkal serang siber tersebut," ujar Dave.

Dave memperkirakan, Presiden Jokowi akan mengirim surat untuk nama calon pengganti Panglima TNI saat ini pada awal November tepat setelah DPR meyelesaikan masa reses.

"DPR baru akan membahasnya setelah surat diterima," tandas Dave.

tag: #panglima-tni  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...