Oleh Bachtiar pada hari Kamis, 24 Mar 2022 - 21:19:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Agar Tembus dan Bersaing di Pasar Global, Mukhtarudin Dorong Akselerasi UMKM "Go Digital"

tscom_news_photo_1648131599.jpg
Mukhtarudin Anggota komisi VII DPR RI dari fraksi partai Golkar (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Mukhtarudin mendorong agar para pelaku UMKM bisa memanfaatkan kemajuan era digital dalam menopang keberlangsungan usahanya. Hal ini menurutnya, perlu dilakukan sebagai upaya bertransformasi menyongsong ekosistem usaha berbasis digital.

Demikian disampaikan Mukhatrudin saat menanggapi keinginan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang ingin para pelaku UMKM bisa memanfaatkan era digital melalui platform "Go Digital"

"Saya berharap UMKM terus memiliki semangat untuk bertransformasi digital dan berinovasi untuk meningkatkan daya saing usaha dan produknya," tandas Mukhtarudin, Kamis, (24/3/2022).

Agar semakin banyak UMKM bisa bersaing di pasar global, Mukhtarudin pun mendorong agar para pelaku UMKM beradaptasi menjadi "Go Digital".

"Jadi, pemanfaatan digital ini penting, dan saya yakin para pelaku UMKM mampu berkontribusi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia," pungkas Mukhtarudin.

Diketahui, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemanfaatan teknologi digital dalam ekosistem pasar tradisional meningkatkan daya saing pedagang dan menjangkau konsumen baru yang lebih luas.

"Sehingga dapat memberi kemudahan dan kenyamanan kepada pelanggan serta lebih mudah beradaptasi dengan ekosistem digital," ujar Airlangga Hartarto saat meninjau Implementasi Program Digitalisasi Ekosistem Pasar Tradisional Bersama Grab Indonesia, Kamis, (24/3).

Airlangga mengatakan, pemanfaatan teknologi digital dalam ekosistem pasar tradisional merupakan tuntutan zaman agar pasar tradisional dapat bersaing, dengan memberikan kemudahan dan kenyamanan baik bagi pedagang maupun pembeli, serta membantu pedagang menjangkau konsumen baru yang lebih luas.

Kebutuhan dan urgensi pemanfaatan teknologi digital dalam ekosistem pasar tradisional juga diperlukan dalam transaksi jual beli lainnya seperti pemanfaatan e-wallet dan e-payment, serta manajemen pengelolaan pasar seperti pengelolaan sewa, retribusi parkir, dan sebagainya.

"UMKM adalah pahlawan-pahlawan Indonesia dan tulang punggung perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, saya ucapkan terima kasih kepada Grab yang turut berperan sebagai fasilitator dan agregator bagi para pedagang Pasar Tomang Barat, dan juga BNI yang sudah menyalurkan KUR untuk mendukung kebutuhan ekspansi usaha pedagang, baik berupa kredit modal kerja ataupun investasi,” tandas Menko Airlangga.

tag: #umkm  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement