Oleh Aswan pada hari Minggu, 29 Mei 2022 - 20:15:45 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketua DPD RI Perintahkan Anak Buahnya Usut Tuntas Polemik GoTo

tscom_news_photo_1653828598.jpg
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI), AA LaNyalla Mahmud Mattalitti akan memerintahkan kepada Komite IV DPD RI untuk mengusut tuntas polemik bisnis perusahaan patungan Gojek dan Tokopedia (GoTo).

Karena, menurutnya, selain tidak transparan, diragukan akuntabilitasnya, bisnis tersebut juga dinilai kental dengan konflik kepentingan.

"Kami di DPD RI akan mendalami kejanggalan dan potensi kerugian negara yang terjadi terkait bisnis tersebut. Kita akan lakukan FGD, kemudian rapat dengar pendapat dengan memanggil pihak terkait seperti OJK, Kementerian BUMN dan lainnya," kata LaNyalla ketika menerima audiensi aktivis lintas profesi yang tergabung dalam Poros Peduli Indonesia (Populis), di kediaman Ketua DPD RI, Sabtu (28/5/2022) kemarin.

Sementara itu, Anthony Budiawan, salah satu aktivis Populis yang juga seorang ekonom, mengatakan bahwa polemik bisnis GoTo itu berpotensi merugikan.

Alasannya, menurut dia, karena nilai investasi Telkomsel di GoTo yang diperkirakan mencapai US$450 juta, atau setara dengan Rp6,4 triliun, dinilai tidak menguntungkan.

"Anak perusahaan Telkom itu justru menanggung rugi sampai 50% dari total investasi yang dilakukannya, setelah harga saham GoTo anjlok sejak IPO," jelasnya.

Anthony juga mengatakan, sekarang ini harga saham sudah rendah sementara tingkat kepercayaan perusahaan menurun. Di sisi lain pemegang saham sudah dapat untung dari jual sahamnya di bursa. Investor terakhir akan terbakar.

"Jadi setelah GoTo IPO pada April 2022, mereka perlu dana cash lagi, sehingga harus tarik dana baru. Sehingga seperti skema Ponzi, tarik dana baru yang tujuannya hanya untuk menutupi kerugian operasional," jelasnya.

Belum lagi, lanjut Anthony, soal konflik kepentingan dalam bisnis itu. Pasalnya komisaris utama dari GoTo adalah saudara kandung dari Menteri BUMN.

"BUMN memberikan modal kepada perusahaan milik saudaranya yang jumlahnya triliunan rupiah. Secara logika apa tidak terjadi konflik kepentingan?" katanya.

Anthony setuju jika DPD RI akan mendalami polemik bisnis GoTo itu untuk menyelamatkan keuangan negara.

"Setiap aksi korporasi BUMN pada emiten tertentu seharusnya berdasar pertimbangan bisnis dan berdampak baik bagi rakyat, juga bisa dipertanggungjawabkan," jelasnya.

Selain Anthony, aktivis Populis yang hadir adalah Koordinator Presidium Populis M. Sabilly, Hendi dan M. Hatta Taliwang. Sedangkan Ketua DPD RI didampingi Staf Khusus Ketua DPD RI, Sefdin Syaifudin dan Togar M Nero.

tag: #dpd  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...