Oleh Aswan pada hari Jumat, 03 Jun 2022 - 23:01:51 WIB
Bagikan Berita ini :

Uchok Sky Dorong Kemenag Inisiasi Pengelolaan Haji Bersama

tscom_news_photo_1654271926.jpg
Direktur Eksekutif Center For Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pemerhati kebijakan politik, Uchok Sky Khadafi mendorong agar pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag) memperjuangkan hak pengelolaan haji secara bergiliran.

Misalnya, Uchok menambahkan, Pemerintah bisa menginisiasi pembentukan badan musyawarah haji tingkat internasional.

"Isinya negara negara mayoritas muslim anggotanya. Jadi Mereka nantinya yang membuat dan menghasilkan keputusan soal biaya dan lainnya secara musyawarah. Jadi jangan Arab mulu yang suka-suka dia bikin keputusan," kata Uchok kepada wartawan, Jum"at (3/6).

Uchok juga meyakini, jika pengelolaan ibadah haji dilakukan secara bersama maka, berbagai problem yang terjadi di dunia muslim bisa terurai.

"Berapa triliun uang jemaah haji yang dinikmati Arab Saudi. Mending kalau mereka salurkan lagi uangnya untuk membantu mengurangi kantong-kantong kemiskinan di negara-negara muslim, harus di audit itu Arab Saudi. Yang ada mereka pakai buat beli senjata dan biayai keberadaan puluhan ribu tentara asing di sana," ungkapnya.

Uchok juga menyarankan agar pasukan penjaga keamanan di tanah suci itu di datangkan dari negara-negara muslim.

"Tiap negara muslim kirimkan pasukan penjaganya. Ngapain kasih pangkalan militer ke Amerika. Ka"bah milik umat Islam dan harus dijaga oleh pasukan dari negara-negara dengan mayoritas muslim," tandasnya.

Uchok juga meminta agar Kemenag tidak hanya berkutat pada persoalan jemaah dalam negeri.

"Jangan bisanya naikin biaya haji dan minta tambah anggaran doank. Tunjukan donk kapasitas diplomasi kita di tingkat internasional. Jangan jago kandang doank tapi main yang jauh biar kelihatan wibawanya," sindir Uchok.

"Pengelolaan ibadah haji saat ini jangan seperti ketum GP Ansor yang tidak mau diganti-ganti. Yang seharusnya digilir dong sama halnya dengan wacana tadi yang saya kemukakan soal pentingnya negara-negara lain diberikan hak kelola pelaksanaan ibadah haji," tegas pria penyuka kue Khongguan ini.

tag: #haji  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TB Hasanuddin Mengecam Bentrokan Brimob dan Marinir di Sorong Papua

Oleh Sahlan Ake
pada hari Minggu, 14 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin mengecam insiden bentrokan antara prajurit TNI dengan anggota polisi Brigade Mobil (Brimob) di Kota Sorong, Papua ...
Berita

TB Hasanuddin: Perubahan KKB Jadi OPM Lebih Realistis, Tapi Seluruh Lembaga Negara Harus Sepakat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin mengungkapkan  penyebutan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menjadi Organisasi Papua Merdeka (OPM) memiliki ...