Oleh Sahlan Ake pada hari Minggu, 07 Agu 2022 - 17:53:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Zuristyo Dorong Pemda dan Perbankan Majukan UMKM Bangka Belitung

tscom_news_photo_1659869619.jpg
Zuristyo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem Zuristyo Firmadata mengatakan, tantangan pembangunan di daerah Provinsi Bangka Belitung saat ini adalah upaya meningkatkan perekonomian, perdagangan dan industri.

Selain itu, peningkatan investasi, pengentasan kemiskinan melalui perbaikan ekonomi rakyat, sebagai recovery yang tentunya bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

Meskipun perekonomian di Provinsi Bangka Belitung saat ini cenderung membaik (5,21% Y-o-Y pada triwulan kedua tahun 2022, mengalami pelambatan dibandingkan triwulan kedua tahun 2021 sebesar 6,8%-Data BPS-2022).

"Ini memberikan gambaran bahwa pertumbuhan ekonomi provinsi Bangka Belitung tumbuh baik tetapi mengalami penurunan, artinya ada sektor yang kurang maksimal dalam melakukan recovery dan peningkatan pemulihan ekonomi," katanya.

Guna memajukan sektor perekonomian, kata ia, diperlukan peran seluruh pihak termasuk kalangan Pemerintah Daerah dan perbankan harus saling bersinergi.

"Terutama perannya dalam permodalan bagi masyarakat pengguna jasa keuangan, khususnya pelaku usaha baik besar, menengah maupun pelaku usaha kecil di Bangka Belitung," katanya.

Karena, salah satu penyebab melemahnya ekonomi dan pembangunan bisa dimungkinkan karena akses terhadap sumber permodalan tidak berjalan baik. Begitu pula sebaliknya, jika sumber permodalan berjalan dengan baik, maka pembangunan akan meningkat yang pada gilirannya akan berimbas pula pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Sehubungan dengan itu, lanjut Zuristyo, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung menaruh harapan besar dan mengimbau agar dunia perbankan di Bangka Belitung sepenuhnya mendukung dan berpartisipasi aktif merealisasikan upaya peningkatan pembangunan dengan memberikan dukungan khususnya pada pembangunan sektor UMKM.

"Pelaku UMKM membutuhkan permodalan cukup. Sedangkan dana yang dimiliki pemerintah terbatas, mengingat pemerintah juga harus membangun infrastruktur dan bidang lainnya, sehingga dalam kondisi ini dibutuhkan sebuah aksi kolaborasi," katanya.

Bank yang ada di Bangka Belitung diupayakan menjalankan program kredit usaha rakyat (KUR) untuk berbagai sektor. Diantaranya, Kredit Ternak Sejahtera, Kredit Perikanan Sejahtera, Kredit Sawit Sejahtera dan Kredit Pangan Sejahtera. Peranan kredit merupakan salah satu usaha dunia perbankan untuk kembali menggairahkan perekonomian nasional khususnya Provinsi Bangka Belitung.

“Pemerintah Provinsi Bangka Belitung bersama Pemda Kabupaten/Kota se Babel seyogyanya selalu bersinergi dalam aksi kolaborasi dengan perbankan dalam rangka mewujudkan program pemerintah pusat untuk dunia usaha khususnya para pelaku UMKM," tegasnya.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...