Oleh Bachtiar pada hari Kamis, 25 Agu 2022 - 19:31:58 WIB
Bagikan Berita ini :

Soroti Rencana Kenaikan BBM, Hafisz Thohir: Ekonomi Rakyat Akan Jatuh

tscom_news_photo_1661430718.jpg
Gedung Wakil Rakyat (MPR, DPR, DPD RI) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi XI DPR RI, Achmad Hafisz Thohir menilai, rencana pemerintah menaikkan harga BBM jenis Pertalite dan Solar belum perlu dilakukan.

Pasalnya, lanjut dia, kondisi ekonomi masyarakat yang belum pulih bisa menyebabkan dampak yang jauh lebih serius ketika BBM dinaikkan.

"Tidak baik kondisi saat ini menaikkan harga BBM. Rakyat belum pulih secara ekonomi. Lalu kalau pemerintah menaikan BBM pasti ekonomi rakyat yang baru membaik tersebut akan jatuh lagi. Pada akhirnya ekonomi semakin berat," lirih Waketum PAN itu kepada wartawan, Kamis (25/08/2022).

Menurutnya, jika kenaikan BBM benar dilakukan maka akibatnya sejumlah proyeksi ekonomi akan terdistorsi cukup dalam.

"Kalau ekonomi berat maka transaksi/perdagangan akan terkontraksi. Kalau kontraksi maka target ekonomi akan tidak tercapai. Kalau target tidak tercapai maka penerimaan negara akan turun (tidak tercapai pula)" jelas eks Anggota Komisi VI DPR RI itu.

"Sehingga ini menjadikan kenaikan BBM menjadi sia-sia belaka. Upaya yang sia-sia," imbuhnya.

Yang jelas, kata dia, opsi menaikan BBM bukanlah pilihan yang rasional justru sebagai pilihan yang cukup terjal dan mengandung high risk.

"Short cut ini bukan terobosan yang baik. Kalau salah ambil langkah (naikkan BBM) bisa goncang perekonomian kita," pungkas Anggota Komisi XI DPR RI itu.

tag: #bbm  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement