Oleh Bachtiar pada hari Senin, 05 Sep 2022 - 18:32:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Anggota DPR Ini Minta Pemerintah Data Rakyat Miskin yang Terimbas Kenaikan BBM

tscom_news_photo_1662377546.jpeg
Rudi Hartono Bangun Politikus Partai NasDem (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem), Rudi Hartono Bangun meminta pemerintah memikirkan efek lanjutan dibalik keputusannya menaikkan harga bbm subsidi yakni pertalite dan solar.

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan mengingat kondisi ekonomi masyarakat yang baru saja bangkit dari keterpurukan imbas pandemi Covid-19.

"Tapi di satu sisi kondisi ekonomi yang baru pulih dan mulai tumbuh dengan kenaikan bbm akan berdampak juga terhadap pertumbuhan yang sedang berjalan. Kenaikan Solar dan Pertalite harus penuh kehati-hatian dan mempertimbangkan dampak ekonomi dan sosial bagi rakyat," ujar Politikus NasDem itu saat dihubungi wartawan, Senin (05/09/2022).

Meski demikian, Rudi kerap ia disapa mengaku memaklumi keputusan pemerintah yang harus memilih opsi menaikkan harga BBM subsidi.

"Memag kita ketahui beban subsidi sangat tinggi jika dibandingkan dengan negara tetangga lain dan beban tersebut membuat berat APBN terutama bisa menyedot alokasi anggaran untuk pembangunan dan infrastruktur," ucap Rudi.

Rudi juga menilai, efek kenaikan harga BBM subsidi bisa berdampak pada daya beli masyarakat itu sendiri.

"Daya beli masyarakat akan menurun kembali dan harga-harga barang akan naik karena beban dari kenaikan BBM," jelasnya.

Oleh karena itu, Rudi menyarankan agar keputusan menaikkan harga BBM subsidi dibarengi dengan pendataan masyarakat yang masuk kategori berhak menerima subsidi.

Menurutnya, pemerintah harus melakukan pendataan secara komprehensif agar alokasi subsidi bisa disalurkan tepat sasaran kepada masyarakat yang memang membutuhkan.

"Mendata rakyat yang pra sejahtera yang layak disubsidi dan diberikan subsidi BBM dalam bentuk uang cash seperti blt (bantuan langsung tunai)," saran Rudi.

tag: #bbm  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement