Oleh Muslim Arbi Direktur Gerakan Perubahan dan Koordinator Indoensia Bersatu. pada hari Minggu, 29 Jan 2023 - 21:54:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Selamat Jalan Bung Lieus Sungkarisma

tscom_news_photo_1675004094.jpg
Lieus Sungkarisma (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bertemu terakhir saat ke rumah dinas Ketua DPD, La Nyala Mattalitti. Mba Ratna Sarumpaet, Bang Ariyadi Ahmad, dr Zulkifli Okumei.

Leius Sungkarisma mendampingi Puteri Alvin Lim Kate Victoria Lim untuk menemui Ketua DPD, La Nyala Mattalitti untuk persoalan penahanan papa nya: Alvin Lim.

Beberapa kali kami jumpa di berbagai forum diskusi dan pernah menjadi pembicara bersama dalam diskusi di Rumah Kedaulatan, Guntur 49.

Saat aksi di Patung Kuda, di Panggung ARM Aliansi Rakyat Menggugat yang di pimpin Emak-Emak Pejuang: Ita Pakpahan, Menuk Wulandari, Ida Kusdianti, Esa Erna, Tita Harlita dll. Acara yang di gelar di Patung Kuda itu: Saya meminta Bung Lieus Sungkarisma untuk berorasi soal penahan Habib Rizieq. Dan Orasi sangat menggelegar dan menghentak untuk pembebasan HRS.

Selesai Orasi saya memeluk erat Lieus karena orasi nya sangat menyentuh untuk kebebasan Habib Rizieq juga sangat aktif menyuarakan tentang keadilan di Aksi 212. Dan menuarakan pembebasan Habib Rizieq Shihab di berbagai forum.

Lieus yang beragama Buddha, Rocky Gerung yang Nasrani dan Nataliues Pigai yang juga Nasrani sangat getol suarakan keadilan di berbagai forum2 terhadap Umat Islam di Negeri ini.

Saat Habib Rizieq Shihab (HRS) kembali ke Tanah Air, Lieus berjalan Kaki 8 kilometer menuju ke Bandara Soekarno Hatta untuk menjemput.

Saya dan Almarhum Bang Ridwan Saidi di ajak Lieus Sungkarisma gelar Forum Kamisan di Warung Makar nya. Forum dapat berjalan beberapa lama. Sampai datang wabah Covid. Dan Forum itu pun tidak di teruskan.

Suatu saat, Yayan Ramelen dikenal sebagai Yayan 2M yang selalu menyanyikan Lagu2 Perjuangan, bahkan lagu, Revolusi. Gitarnya di curi orang. Dan akhirnya Lieus pun memberi Yayan Gitar listrik mengganti gitar listri yang di curi itu.

Suatu saat jelang lebaran: Aktifis Muslim bingung hadapi Iedul Fitri rada bingung karena kondisi ekonomi lagi prihatin. Lieus minta rekening saya. Dan akhir nya beberapa kawan bisa lebaran. Alhamdulillah. Kamsia Ko Lieus. Barakallah.

Lieus Sungkarisma kelahiran Cianjur dengan nama Li Xue Xiung itu, pejuang kemanusiaan, Sosial dan kritis terhadap kebenaran dan keadilan.

Saat Lieus di tahan di Polda Metro jaya akibat sikap kritis nya. Saya sangat salut dan hargai. Saya menulis untuk pembebasan Lieus Sungkarisma, Eggy Sujana dan Ratna Sarumpaet. Mereka teman2 aktifis yang sangat vokal bersuara teramhadap rezim Jokowi yang terlihat merakyat itu.

Lieus di tahan juga Eggy Sujana. Ratna Sarumpaet. Tiga aktifis kritis yang belum pernah alami penahana di era Orde Baru sekalipun. Tapi setelah Reformasi. Buah dari perjuangan bersama Mahasiswa dan Sejumlah Tokoh Kritis termasuk Ratna Sarumpaet, Eggy Sujana dan Lieus harus di tangkap dan mendekam di penjara karena sikap kritisnya yang tidak berhenti bersuara.

Dengan penahanan dan penangkapan Lieus Sungkarisma, Ratna Sarumpaet dan Eggy Sujana itu saya anggap rezim Jokowi jauh lebih otoriter dan menindas di bandingkan di Era Soeharto.

Bangsa ini telah kehilangan Tokoh Besar Pejuang Keadilan setelah sebelum nya ditinggal kan oleh Pejuang, Budayawan dan Tokoh Kritis Bang Ridwan Saidi.

Ridwan Saidi, yang akrab Babe Ridwan Saidi, tokoh Budayawan, dan sejarawan kritis itu berpulang pada 25 Desember lalu.

Dan kini, sebulan kemudian, 25 Januari 2023, Lieus Sungkarisma, pemilik warung Makar itu menyusul Babe Ridwan.

Semoga Lieus Sungkarisma dapat beristirahat di Alam Kedaiaman. Setelah di Kremasi sesuai dengan doktrin Buddha yang di anut nya.

Selamat jalan Bung Lieus Sungkarisma. Teman2 aktifis akan meneruskan perjuangan mu untuk tegaknya Kebenaran dan Keadilan di Negeri ini.

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Opini

In Prabowo We Trust" dan Nasib Bangsa Ke Depan

Oleh Syahganda Nainggolan
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidatonya kemarin di acara berbuka puasa bersama, "Partai Demokrat bersama Presiden Terpilih", tanpa Gibran hadir, kemarin, ...
Opini

MK Segera saja Bertaubat, Bela Rakyat atau Bubar jalan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) segera bertaubat. Mumpung ini bulan Ramadhan. Segera mensucikan diri dari putusan-putusan nya yang menciderai keadilan masyarakat.  Di ...