Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 23 Feb 2023 - 22:09:42 WIB
Bagikan Berita ini :

Peran Guru dalam Mendidik Siswa Pengunaan Digital Sangat Penting

tscom_news_photo_1677164982.jpg
Para narasumber dialog Legislator dan Menkoinfo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Slamet Ariyadi mengatakan, bahwa guru harus menjadi seorang teladan bagi siswa. Apalagi dengan perkembangan digital saat ini, guru harus bisa membimbing siswa untuk mengunakan digital dengan baik dan bermanfaat.

“Guru harus menjadi teladan dalam mengembangkan siswa beretika. Karena kita sadari bahwa seorang siswa dengan kehidupan sehari-hari tidak bisa dengan sendirinya melaksanakan suatu kegiatan tanpa arahan, bimbingan, pedoman, ataupun instruksi dari seorang guru," katanya dalam acara webinar Ngobrol Bareng Legislator, Kamis (23/2/2023).

Misdar Mahfudz selaku Ketua IKA FISIB UTM dan Sekretaris MWCNU Gempol mengatakan, era digital mempunyai peran penting, dalam membantu kehidupan dalam mengakses informasi, keilmuan, ataupun komunikasi. "Luasnya informasi dan kebebasan setiap manusia untuk menggunakan digital, diperlukan etika dalam penggunaannya," katanya.

"Disinilah peran penting guru bagi siswa untuk mengarahkan, melatih, dan mendidik agar seorang siswa tidak mudah terprovokasi, melihat, dan memposting hal-hal yang tidak kita inginkan. Sebab itulah urgensi guru sebagai suri tauladan," ucapnya menambahkan.

Mahfudz juga mengatakan, bahwa kunci sukses seorang guru dalam mengajar di era digital adalah kreatif dalam kegiatan belajar mengajar. Pasalnya, guru sebagai inovator pembelajaran, terbuka pada setiap perubahan teknologi dan informasi.

“Upaya penanaman nilai, yang terus-menerus tanpa henti dalam kebersamaan proses belajar. Pelan-pelan akan berhasil tertanam makin lama makin dalam, membentuk sifat, kebiasaan, dan kepribadian bagi siswa," ucapnya

Sementara, Sekretaris Jenderal Perkumpulan Gerakan Kebangsaan, Riyan Hidayat menjelaskan, proses pendidikan bukan hanya sekedar transfer pengetahuan, tetapi juga nilai-nilai etika dan moral. “Proses pendidikan itu tidak hanya berbicara soal transfer ilmu, tetapi juga value, nilai, etika, dan moral, apalagi ditengah teknologi yang pesat ini, peran guru sangat penting untuk mengarahkan siswa pada hal yang benar dan positif," katanya.

tag: #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement