Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 11 Mar 2023 - 18:07:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Bamsoet Gelar Turnamen Catur Terbuka Indonesia Master III Piala Ketua MPR RI

tscom_news_photo_1678532872.jpg
Bamsoet Ketua MPR (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) menggelar Turnamen Catur Terbuka Indonesia Master III Piala Ketua MPR RI. Diikuti 450 peserta, termasuk dua Grand Master kebanggaan Indonesia Susanto Megaranto dan Cerdas Barus. Peserta lainnya yakni Master Internasional 8 orang Fide Master 11 orang, Women Internasional Master 2, Women Fide Master 3, dan dari kalangan masyarat umum. Selain Piala Ketua MPR RI, turnamen ini juga memperebutkan hadiah total mencapai Rp 82 juta.

"Selain sebagai penegasan bahwa gedung parlemen sebagai "rumah rakyat" yang mewadahi berbagai aktivitas positif, penyelenggaraan turnamen catur di Gedung MPR ini juga menjadi simbolisasi atas sikap keberpihakan dan kepedulian MPR pada kemajuan dunia olahraga. khususnya olahraga catur di Indonesia yang pada berbagai kejuaraan telah berhasil mengharumkan nama bangsa dan negara," ujar Bamsoet secara virtual di Jakarta, Sabtu (11/3/23).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini juga mengapresiasi PB PERCASI dibawah kepemimpiman Ketua Umum GM Utut Adianto, atas kerjasama yang telah terjalin baik dengan MPR, pada penyelenggaraan kejuaraan catur selama lima tahun berturut-turut, sejak tahun 2019 hingga 2023.

"Melalui penyelenggaraan kejuaraan catur secara rutin, kita berharap dapat membangun komitmen dan mendorong segenap pemangku kepentingan, untuk terus memajukan olahraga catur, serta memfasilitasi kebutuhan jam terbang yang memadai bagi pembinaan atlet catur. Sekaligus menjadi stimulus bagi peningkatan prestasi atlet catur kita, baik di tingkat nasional maupun internasional," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakam Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, Indonesia patut berbangga bahwa olahraga catur Indonesia telah sukses melahirkan atlet-atlet handal dan berkualitas. Namun upaya mempertahankan prestasi mereka tanpa memberikan wadah kompetisi yang memadai adalah sebuah pekerjaan sulit. Melalui Turnamen Catur Indonesia Master III Piala Ketua MPR RI, diharapkan dapat menjadi sarana penjaringan dan pembinaan prestasi atlet catur nasional.

Olahraga catur adalah olahraga yang mengajarkan untuk berfikir terencana, mengatur strategi, dan mengedepankan kebijaksanaan. Catur adalah "miniatur" kehidupan dengan segala aspek filosofinya. Catur juga mengajarkan untuk selalu bertindak dengan penuh kehati-hatian dan terukur. Karena akan selalu ada konsekuensi pada setiap langkah yang diambil.

"Disadari atau tidak, olahraga telah menyentuh berbagai ruang dimensi dalam kehidupan kita. Tidak sesederhana untuk dimaknai sekedar sebagai kompetisi untuk mencari menang dan kalah. Karenanya saya sepakat dengan pandangan, bahwa memajukan olahraga menjadi penting. Kemajuan olahraga adalah cermin kemajuan peradaban suatu bangsa," pungkas Bamsoet.

tag: #mpr  #bamsoet  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...
Berita

KPK Diminta Jelaskan Alasan Periksa Shanty Alda di Kasus Dugaan Korupsi Abdul Gani Kasuba

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mantan Penyidik KPK, Yudi Purnomo mengatakan Penyidik KPK harus transparan dalam menangani perkara dugaan korupsi yang menyeret Gubernur Maluku Utara nonaktif, Abdul Gani ...