Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 20 Mar 2023 - 21:41:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Terima Kunjungan Dubes Sudan, HNW: Hubungan Indonesia dan Sudan Harus Lebih Ditingkatkan Lagi

tscom_news_photo_1679323271.jpg
Hidayat Nur Wahid (Sumber foto : MPR)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Dr. H.M. Hidayat Nur Wahid, Lc, MA atau HNW, menerima kunjungan persahabatan Dubes Republik Sudan untuk Republik Indonesia H.E. Dr. Yassir Mohamed Ali, di Ruang Kerja Wakil Ketua MPR, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/3/2023).

Dalam perbincangan, Pimpinan MPR dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menegaskan bahwa persahabatan Indonesia dan Sudan sudah berjalan panjang dan sangat kuat, sejak peristiwa fenomenal dunia Konferensi Asia Afrika 1955 hingga hari ini.

Persahabatan Indonesia dan Sudan berjalan di berbagai aspek, mulai dari keagamaan, kebudayaan, ekonomi, perdagangan, riset dan penelitian. Mengingat jejak historikal dan saling membutuhkan antar kedua negara, hubungan yang sudah baik itu mesti dijaga serta ditingkatkan ke depannya.

“Sebagai Pimpinan MPR, saya mendukung Sudan dalam meningkatkan hubungan dengan Indonesia. Saya juga berterimakasih dan mengapresiasi langkah dan rencana visioner Dubes baru Sudan untuk Indonesia, semoga terwujud dengan baik,” tambahnya.

Terakhir, HNW menyampaikan semoga kemaslahatan terbaik bagi rakyat Sudan dalam menjalani transisi politik ke depan dan pentingnya nasionalisme sebagai jalan menghadirkan kemaslahatan terbaik bagi bangsa dan umat.

Dalam kesempatan yang sama, Dubes Republik Sudan untuk Republik Indonesia H.E. Dr. Yassir Mohamed Ali menyampaikan terima kasih dan rasa bangga dapat diterima bertemu dengan Pimpinan MPR HNW. Yassir juga menyampaikan bahwa rakyat Sudan sangat mengenang jasa Indonesia bagi bangsa Sudan melalui penyelenggaraan KTT Asia Afrika 1955 di Bandung.

Pada masa awal tugas Dubes ini, Yassir mengungkapkan bahwa dirinya sudah melakukan beberapa kunjungan kepada sejumlah pimpinan lembaga negara dan elemen-elemen kemasyarakatan di Indonesia. Sudan berharap penguatan kerjasama dengan negara-negara sesama lintas khatulistiwa yang pada umumnya memiliki banyak kesamaan budaya dan sosial.

Sebagai Dubes baru, Yassir mengatakan akan melakukan berbagai program visioner dalam meningkatkan kerjasama dengan Indonesia, baik di bidang perekonomian, perdagangan, pendidikan, dan kebudayaan. Salah satunya, berencana memecahkan masalah-masalah transaksi keuangan perbankan lintas negara termasuk dengan Indonesia.

“Kami juga mohon doa kepada rakyat Indonesia, sebab saat ini Sudan sedang menjalani proses transisi politik dan segera menghadapi tahapan pemilu demokratis, di saat masih mengalami dampak-dampak negatif embargo Amerika Serikat yang berakhir tahun 2020 lalu,” pungkasnya.

tag: #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement