Oleh Bachtiar pada hari Rabu, 22 Mar 2023 - 23:25:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Said Aqil Siradj: Anies Baswedan, Sosok Santri Nasionalis

tscom_news_photo_1679502326.jpg
Said Aqil Siradj eks Ketum PBNU dan Anies Baswedan Capres NasDem (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pemilu 2024 hanya tinggal satu tahun lagi, karena itu kompetisi para kandidat capres makin ketat. Salah satu capres yang makin menguat, Anies Rasyid Baswedan terus melakukan safari dan bersilaturahmi guna mencari dukungan warga Nahdliyin serta ulama.

"Anies adalah Mantan Gubernur DKI, sosok seorang santri yang nasionalis. Apalagi, Anies itu adalah cucu pahlawan nasional Abdurrahman Badwedan," kata Mantan Ketua PBNU, Said Aqil Siradj saat menerima kunjungan dan silaturahmi Anies Baswedan di Pondok Pesantren Luhur Tsaqafah, Ciganjur, Rabu (22/3/2023).

Saat bersilaturahmi, Anies Baswedan didampingi Wakil Ketua Umum DPP NasDem Ahmad Ali dan Ketua DPP teritorial DKI-Banten Effendy Choirie. Ikut hadir juga Ketua Umum PeranNU Andi Jamaro Dulung dan Sekjen Peran NU Mulyadin Permana. Bahkan kehadiran Anies disambut meriah dengan mengumandangkan Shalawat Thalaal Badru Alaina oleh ratusan para santri Al Tsaqafah.

Lebih jauh Said memperkenalkan sosok Anies Baswedan kepada para santri Luhur Tsaqafah, bahwa Anies memiliki sejumlah kelebihan, antara lain pandai, pernah menjadi Rektor Universitas Paramadina dan salah satu cendikiawan muda Indonesia.

"Kakek Anies adalah pejuang kemerdekaan Indonesia yang keliling Timur Tengah untuk melakukan diplomasi dalam rangka minta dukungan atas kemerdakaan Indonesia," ujar Said.

Sementara itu, Calon Presiden dari Partai Nasdem, Anies Baswedan memotivasi agar para santri berani melakukan berbagai inovasi dan kreativitas dalam mencari ilmu pengetahuan.

Menurut Anies, para santri harus memiliki mimpi yang tinggi. Ibaratnya, jadilah permata dan jangan menjadi batubara. Karena itu, santri harus sungguh-sungguh dan bekerja keras dalam belajar dan mengejar cita-cita yang tinggi.

Selain itu, Anies mendorong para santri agar disiplin belajar, membaca dan banyak ikut berorganisasi. Setelah kuliah santri harus terjun di berbagai profesi, termasuk dunia politik.

"Apalagi, kalau masuk dunia politik setelah mengalami hidup dalam berbagai profesi akan memiliki nilai yang lebih tinggi," terang Alumni UGM.

Dalam kesempatan bertanya, sejumlah santri mengajukan berbagai pertanyaan. Ada yang bertanya soal kiat sukses, untuk mendapatkan bea siswa belajar ke luar negeri, lalu ada juga yang menanyakan mengapa stadion JIS tidak digunakan untuk piala dunia yunior, juga ada santri yg menyampaikan bercita cita jadi anggota DPR RI.

Ditempat yang sama, Ketua DPP Partai Nasdem, Effendy Choirie saat ditanya wartawan perihal kunjungan Anies kepada Said Aqil Siradj, adalah hal yang biasa dan lumrah bahwa seorang santri sowan kepada ulama.

"Sesuatu yang biasa, seorang santri, yakni Anies Baswedan sowan kepada Ulama. Jadi hanya sekedar silaturahmi saja," katanya.

Didesak kemungkinan Anies Baswedan akan mengunjungi Ulama Jawa Tengah dan Jawa Timur dalam waktu dekat. "Saya belum tahu," imbuh Gus Choi sapaan akrabnya.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TB Hasanuddin Mengecam Bentrokan Brimob dan Marinir di Sorong Papua

Oleh Sahlan Ake
pada hari Minggu, 14 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin mengecam insiden bentrokan antara prajurit TNI dengan anggota polisi Brigade Mobil (Brimob) di Kota Sorong, Papua ...
Berita

TB Hasanuddin: Perubahan KKB Jadi OPM Lebih Realistis, Tapi Seluruh Lembaga Negara Harus Sepakat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin mengungkapkan  penyebutan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menjadi Organisasi Papua Merdeka (OPM) memiliki ...