Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 08 Mei 2023 - 12:35:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Megawati Ingatkan Pentingnya Reboisasi Hutan di Kawasan IKN

tscom_news_photo_1683524119.jpg
Megawati (Sumber foto : Istimewa)

BALI (TEROPONGSENAYAN) --Presiden kelima RI Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri mengatakan, bahwa menjaga kelestarian lingkungan harus menjadi perhatian khusus di tengah isu perubahan iklim saat ini.

Apalagi, belakangan terjadi fenomena gelombang panas akibat pemanasan global atau global warming di hampir seluruh dunia.

Megawati pun turut menaruh perhatian khusus terhadap proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Menurut Megawati, pembangunan IKN sejatinya harus berjalan dengan baik dan tetap memperhatikan kelangsungan lingkungan.

Hal itu pula yang turut disampaikan Megawati kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) diberbagai kesempatan. Dia meminta Presiden Jokowi untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan dalam proses pembangunan IKN.

Hal ini disampaikan Megawati saat ditanya awak media mengenai seberapa serius Indonesia harus menjaga kelestarian lingkungan.

"Ini menjadi perhatian saya, yang saya katakan juga pada presiden. Jangan nanti ketika pembangunan IKN itu tidak terencana dengan baik," kata Megawati, seperti dalam keterangan yang diterima pada Jumat (6/5/2023).

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) ini juga menjelaskan, bahwa Kalimantan Timur yang menjadi daerah lokasi IKN Nusantara memiliki tanaman lokal yang perlu dijaga.

Secara khusus, Megawati juga mengingatkan pentingnya penanaman pohon kembali atau reboisasi di lingkungan IKN. Karena, akan ada spesies flora dan fauna yang harus tetap hidup di kawasan IKN.

Bagi Megawati, pembangunan IKN tentu akan memotong banyak pohon di kawasan hutan di sana.

"Kalau itu banyak yang terpotong, sudahkah ada nursery (tempat pembibitan, red). Katanya ada, nanti saya suruh lihat," ujar Megawati.

Ketua Dewan Pengarah BRIN ini ingin memastikan agar reboisasi yang dilakukan harus sesuai dengan tanaman lokal yang telah terpotong sebelumnya.

Pasalnya, Kalimantan dipenuhi banyak tanaman khas atau endemik yang hanya bisa tumbuh di lokasi tersebut.

"Tapi sebagai Ketua Pengarah BRIN, apa tanaman di nursery itu audah sesuai pengganti tanaman lokal yang terpotong karena pembangunan," jelas Megawati.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembangunan pertama IKN akan dimulai di kawasan pusat inti pemerintahan. Yakni, dengan melakukan revitalisasi dan reboisasi hutan.

"Diawali dengan merevitalisasi dan mereboisasi hutan terlebih dahulu," kata Jokowi.

Setelah reboisasi hutan, hal selanjutnya yang dilakukan yakni pembangunan infrastruktur dasar, komplek pemerintahan, perkantoran, dan perumahan beserta sarana dan prasarananya.

Sedangkan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengatakan, ada empat tipe vegetasi yang ditanam di area Ibu Kota Nusantara (IKN).

Tipe vegetasi itu termasuk tanaman jenis endemik dan tumbuhan asli di wilayah sekitar IKN. Yakni spesies endemik, spesies asli, penangkal nyamuk, dan tanaman yang menjadi konsumsi hewan.

Pengembangan IKN, yang mengusung konsep Forest City, mempertimbangkan manajemen lanskap dan biodiversitas sehingga dapat kembali menjadi habitat alami flora dan fauna endemik wilayah di Kalimantan Timur itu.

tag: #megawati-soekarnoputri  #pdip  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement