Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 13 Mei 2023 - 12:47:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Komnas HAM Minta Bawaslu Cegah Politik Uang di Kawasan Industri

tscom_news_photo_1683956856.jpg
Politik uang (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Nasional untuk Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta Bawaslu mengantisipasi potensi politik uang. Hal ini yang berpotensi terjadi di kawasan industri.

Demikian dikatakan Komisioner Komisi Nasional untuk Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Saurlin Siagian, Sabtu (13/5/2023). "Ini supaya pengawas pemilu lebih memberi perhatian, hampir di seluruh dunia kerja yang pendapatan hariannya itu memang di bawah rata-rata," ujarnya.

Menurut Saurlin, pendapatan di bawah rata-rata, bukan hanya untuk buruh. Tetapi juga menimpa para petani dan mahasiswa.

"Mereka rentan semua. Yang tidak memiliki pendapatan di atas rata-rata," kata Saurlin.

Saurlin manegaskan, masalah politik uang ini problema demokrasi dalam pelaksanaan pemilu. Sehingga proses pemilu yang demokratis bisa dihasilkan.

"Jangan sampai didominasi oleh politik uang. Karena politik uang yang mendominasi maka politik uang akan merusak hasil pemilu," katanya.

Temuan Komnas HAM yang dilakukan pada April-Mei 2023. Memperlihatkan, sebagian besar praktik politik uang masih terjadi di wilayah industri di tanah air.

Menurut Saurlin, potensi politik uang ini terjadi lantaran jumlah masyarakat yang berasal dari desa dan bekerja di kawasan industri cukup tinggi. "Kita melakukan pengawasan dan pengamatan di berbagai wilayah Indonesia, praktik politik uang bisa terjadi," ujarnya.

tag: #bawaslu  #politik  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...