Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 22 Mei 2023 - 19:40:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Konsistensi Puan Serap Aspirasi Rakyat Lewat Kunker Harus Dicontoh Seluruh Anggota DPR

tscom_news_photo_1684759201.jpg
Puan Maharani (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Meski tidak dicalonkan sebagai calon presiden oleh partainya, Ketua DPR RI Puan Maharani tetap konsisten melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke sejumlah daerah demi menjalankan tugas konsititusionalnya menyerap aspirasi rakyat. Hal tersebut dinilai membantah asumsi selama ini Puan melakukan Kunker hanya demi sosialiasi pencapresan.

"Kalau saya lihat Puan memang sudah menjiwai kerja-kerja untuk rakyat atau kalau istilah Bung Karno adalah turba, turun ke bawah. Jadi musim Pemilu atau tidak musim Pemilu, Puan tetap turun ke bawah demi tugas ideologis kerakyatan," kata Pakar Komunikasi Politik Universitas Indonesia (UI), Ari Junaedi, Senin (22/5/2023).

Seperti diketahui, Puan melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, akhir pekan lalu. Bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), ia memberi sosialisasi kepada ibu-ibu dan ribuan perempuan lainnya yang tergabung dalam berbagai komunitas untuk mencegah stunting pada anak.

Menurut Ari, hal ini harus menjadi contoh bagi anggota DPR lain yang biasanya hanya turun ke konstituen saat memasuki musim Pemilu.

"Puan menjadi contoh bahwa menyerap aspirasi rakyat adalah tugas ideologis, bukan pragmatis," tuturnya.

“Pola kepemimimpinan Puan yang mengedepankan turun ke lapangan menjadi kekuatan Puan menyerap aspirasi dari bawah,” lanjut Direktur Lembaga Kajian Politik Nusakom Pratama itu.

Tak hanya berfokus pada tugas-tugas legislasi, anggaran, dan pengawasan, Puan juga terus bekerja memperjuangkan nasib rakyat Indonesia di kancah internasional. Puan terus melakukan diplomasi parlemen demi Negara, seperti saat perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, NTT, beberapa waktu lalu.

Dalam event bergengsi tersebut, Puan memimpin ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), yang merupakan forum parlemen negara-negara Asia Tenggara, saat memberikan masukan atau pesan kepada kepala negara atau pemerintahan ASEAN.

Lewat KTT ASEAN, Puan juga membawa isu yang tengah dihadapi Indonesia seperti penyelesaian kasus kekerasan terhadap pekerja migran Indonesia (PMI), serta isu-isu kawasan maupun global seperti ketahanan pangan, ekonomi hijau, dan krisis Myanmar. Bahkan Puan turut mempromosikan pariwisata Indonesia kepada delegasi-delegasi KTT ASEAN ke-42.

“Andil Puan dalam perhelatan KTT ASEAN juga semakin meningkatkan hubungan antar negara. Kontribusi Puan sangat besar untuk mensolidkan kerja sama antar parlemen di lingkungan ASEAN,” urai Ari.

Puan pun dinilai sebagai sosok politikus yang memiliki jiwa pemimpin dan kematangan dalam berpolitik. Hal itu tercermin saat Puan tetap menjalankan tugasnya sebagai Ketua DPR, meski mendapat tugas khusus dari partainya sebagai Ketua Tim Pemenangan Pileg dan Pilpres 2024.

“Dari sosok Puan Maharani, kita bisa belajar bagaimana arti dari sebuah kelegawaan dan kematangan berpolitik,” ungkap Ari.

“Walau pada akhirnya PDIP melalui Ketua Umum yang notabene ibu kandungnya mengumumkan pencapresan Ganjar Pranowo, Puan tidak ‘ngambek’ dan menerima dengan lapang dada penugasan Ganjar sebagai Capres dan Puan tetap menjalankan tugasnya sebagai Ketua DPR,” lanjutnya.

Sikap kematangan Puan juga terlihat saat tetap memimpin konsolidasi internal PDI Perjuangan di berbagai daerah. Puan terus melakukan safari politik menguatkan barisan kader partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

“Sebagai konsekuensi menjadi kader PDIP, Puan juga mulai ‘gaspool’ untuk memenangkan Ganjar. Tanggung jawab yang diberikan Megawati sebagai ketua timses pemenangan Ganjar menjadi bukti tugas tersebut telah dijalankan oleh Puan,” ucap Ari.

Dalam kunjungannya ke Sukabumi, Puan sekaligus mendatangi DPC PDIP setempat untuk memimpin konsolidasi internal persiapan Pemilu 2024. Kepada para kader, ia mengingatkan untuk merapatkan barisan dan fokus dalam pemenangan PDIP di Pileg dan Pilpres tahun depan.

Selain itu, Puan meminta seluruh kader PDIP agar tidak lengah. Puan menekankan agar seluruh kader tetap solid dan tegak lurus dengan perintah partai.

tag: #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement
Lainnya
Berita

Jaringan Nasional Anti Perdagangan Orang Akan Selenggarakan Pertemuan Nasional di Batam

Oleh Fath
pada hari Senin, 22 Jul 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)– Jaringan Nasional Anti Tindak Pidana Perdagangan Orang (JarNas Anti TPPO) akan menyelenggarakan Pertemuan Nasional pada 30 Juli hingga 1 Agustus 2024 di Yelloo Hotel, ...
Berita

Nasdem Resmi Dukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Partai Nasdem menyatakan siap mengusung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta dalam kontestan Pilkada 2024. Hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal DPP Nasdem ...