Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 02 Jun 2023 - 21:12:06 WIB
Bagikan Berita ini :

Orkestrasi ‘Classy’ Puan Sebagai Panglima Tempur Pemenangan Ganjar dan PDIP

tscom_news_photo_1685715126.jpeg
Ganjar (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani terus menunjukkan komitmennya dalam pemenangan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang diusung partainya. Ditunjuk sebagai Ketua Pemenangan Ganjar Pranowo dan PDIP di Pemilu 2024, Puan dinilai telah memainkan gaya berpolitik yang berkelas (classy).

“Pelan tapi pasti, Puan Maharani kembali menunjukkan ‘kelasnya’ sebagai ahli strategi yang andal dalam percaturan politik. Orkestrasi Puan yang classy sebagai panglima tempur pemenangan PDIP di Pilpres dan Pileg cukup apik,” kata pengamat politik, Ari Junaedi, Jumat (2/6/2023).

Berbagai manuver politik Puan pun dinilai dimainkan dengan cantik, seperti saat Puan mendatangi Solo pekan lalu dan bertemu dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Ari mengatakan, langkah Puan tersebut semakin menunjukkan bahwa Gibran tetap konsisten terhadap keputusan partai meski sempat bertemu Prabowo Subianto.

“Dansa-dansi politik Wali Kota Solo Gibran Rakabumi yang dianggap publik bermain dua kaki, baik mendukung Prabowo atau Ganjar di Pilpres mendatang, dipastikan Puan bahwa Gibran tetap di rel PDIP,” ucap Doktor Komunikasi Politik Universitas Indonesia (UI) tersebut.

Menurut Ari, pendekatan Puan dengan banyak beraktivitas bersama Gibran merupakan langkah yang cerdas. Sebab kehadiran Gibran dalam deklarasi relawan Jokowi untuk mendukung Prabowo dinilai publik sebagai langkah ambigu dari Gibran.

“Puan seperti ingin mematahkan anggapan publik jika Gibran telah ‘menyeberang’ ke kubu Prabowo. Puan menggunakan cara-cara yang anggun dan berkelas,” sebut Ari.

Pengajar program pascasarjana di berbagai perguruan tinggi itu pun melihat, Puan terus bergerak merapatkan barisan memastikan dukungan untuk Ganjar di Pilpres 2024 semakin besar. Langkah Puan memimpin PDIP bertemu PPP beberapa hari lalu, menurut Ari, akan semakin memperkuat posisi Ganjar.

“Dukungan PPP sebagai representasi kelompok muslim terhadap Ganjar tidak terlepas dari ‘langkah-langkah’ senyap dari Puan Maharani,” ungkap Direktur Lembaga Kajian Politik Nusakom Pratama itu.

“Arah dukungan PPP terhadap Ganjar adalah kreativitas politik Puan bahwa Ganjar tidak didukung hanya sepihak oleh PDIP tetapi juga mendapat sambutan dari lintas partai,” lanjut Ari.

Puan juga dinilai telah membuktikan kemampuannya dalam menambah kekuatan PDIP untuk memenangkan Ganjar Pranowo. Hari ini, Puan mendampingi Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ganjar berdiskusi dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) terkait pembahasan penjajakan koalisi di gelaran Pilpres 2024.

“Dukungan untuk Ganjar kemungkinan akan bertambah lagi setelah PAN menunjukkan tanda-tanda mulai ‘merapat’ ke kubu PDIP,” tuturnya.

Atas berbagai dasar tersebut, Ari menilai Puan tidak main-main dalam mengemban tugas yang diamanahkan partainya sebagai panglima tempur pemenangan Ganjar di Pilpres dan PDIP di Pileg.

“Puan telah menunjukkan diri sebagai ‘jenderal lapangan’ untuk Ganjar dan PDIP. Kalau dalam permainan bola, posisi seperti Puan sangat menentukan arah permainan karena strategi-strateginya dapat memastikan jalur kemenangan,” tutup Ari.

tag: #puan-maharani  #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
Dompetdhuafa X TS : Qurban
advertisement