Berita
Oleh Emka Abdullah pada hari Kamis, 25 Jun 2015 - 14:47:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengamat: Islam Nusantara Muncul Karena Gagal Pahami Islam yang Universal

13NU.jpg
Nahdlatul Ulama (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) yang akan digelar di Jombang pada 1-5 Agustus 2015 akan mengusung tema 'Islam Nusantara'. Dalam Munas Alim Ulama NU yang digelar di Masjid Istiqlal (14/6/2015) Presiden Joko Widodo telah menyatakan dukungannya kepada NU untuk meneguhkan Islam Nusantara.

Saat ini publik sedang ramai mendiskusikan isu 'Islam Nusantara'. Muncul sikap pro dan kontra terhadap isu Islam Nusantara.

Cendekiawan muslim Mohammad Nasih mengatakan, istilah Islam Nusantara sesungguhnya lahir dari kegagalan dalam memahami Islam yang memiliki nilai-nilai universal. Pencetus gagasan Islam Nusantara, kata Nasih, gagal memisahkan antara Islam sebagai doktrin dan peradaban yang lahir dari doktrin itu.

"Mereka gagal memisahkan antara ajaran Islam yang kaaffah dengan seorang yang selalu berproses untuk menjadi muslim," ujar Nasih kepada TeropongSenayan, Kamis (25/6/2015).

Karena gagal memahami Islam yang universal itu, lanjut Nasih, mereka terjebak dalam anggapan tentang tampilan muslim di lokal geografis tertentu sebagai Islam itu sendiri. Cara berpikir tersebut dianggap sangat berbahaya.

"Kalau kita mau konsisten dengan gagasan itu, mestinya juga harus berani mengatakan bahwa Islam nusantara adalah Islam yang ajarannya adalah antikorupsi. Sebab, banyak orang yang dalam KTP beragama Islam di wilayah nusantara ini melakukan tindak korupsi," papar Nasih.

Dalam pandangan Nasih, Islam sebagai agama yang sempurna bukan hanya mengajarkan masalah ramah dan toleransi tetapi juga anti korupsi. Ramah, toleran dan antikorupsi adalah ajaran Islam.

"Bahkan yang lebih bagus dari itu juga banyak dalam Islam," pungkas Nasih. (mnx)

tag: #PBNU  #Islam Nusantara  #Korupsi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soroti Kasus Pinjaman Shopee Paylater, Anggota Komisi XI DPR Dorong OJK Tindaklanjuti dan Perketat Perlindungan Konsumen

Oleh Fath
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)– Menanggapi maraknya aduan masyarakat mengenai kasus penagihan yang tidak sesuai aturan, pengaktifan sepihak dan penyalahgunaan akun SPaylater oleh orang lain, Puteri ...
Berita

Sah, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden-Wapres Terpilih 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --KPU RI akhirnya resmi menetapkan, Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih Pilpres 2024. Penetapan tersebut ...